7 Cara Hidup Sehat Nabi Muhammad

Cara menjaga kesehatan sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW seharusnya sudah menjadi pedoman yang diikuti oleh umat Islam dimanapun dirinya berada. Mengingat, cara menjaga kesehatan sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW ini tidak terbatas oleh berbagai hal, baik itu budaya yang ada di tiap daerah atau letak dari daerah itu sendiri.

Cara Hidup Sehat Ala Nabi Muhammad

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Berbagai hal yang membahas tata cara menjaga kesehatan sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW ini, sebenarnya juga telah dijelaskan pada berbagai ayat di Al-Quran dan juga Hadist. Bahkan ada beberapa cara menjaga kesehatan sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW tersebut yang sudah termasuk ke dalam sunnah, yang tentu akan sangat baik jika dilakukan.

- Advertisement -

Memang, Islam selalu mengajarkan dan akan membawa para pengikutnya kepada jalan yang baik dan benar. Bahkan untuk masalah gaya hidup dalam Islam juga sudah mengatur hal tersebut. mulai dari cara makan, cara tidur, dan berbagai hal lainnya. Tentu semua semata-mata demi terjaganya kesehatan dari umat Islam itu sendiri dan terhindar dari berbagai malapetaka.”Rumah sakit dan obat-obat kimiawi seakan-akan menjadi solusi untuk hidup sehat,” kata dr. Pradipta Suarsyaf,  selaku Direktur RS Lancang Kuning DD pada (Rabu,17/11) melalui daring, menyampaikan bahwa sebenarnya Alquran itu adalah penyembuh.

Cara Hidup Sehat Ala Nabi Muhammad

Jadi kata dia, boleh dompet dhuafa mengelola banyak rumah sakit, tetapi Kita tetap kembali pada syariat Alquran sebagaimana Rasulullah selalu sehat sepanjang hidupnya. Menurut WHO sehat merupakan keadaan lengkap baik dari jasmani, rohani, dan sosial serta tidak hanya bebas dari penyakit atau kecacatan tetapi juga bisa bekerja dengan produktif

BACA JUGA :   8 Tips Cara Menghilangkan Bintik Hitam di Wajah

“Saya ingin mengajak kita semua terbang ke zaman keemasan Islam dahulu. Ada dua golongan yang mendapat gaji paling besar pada saat itu yakni Ulama atau Ahli Ilmu, dan dokter. Saya sangat mengapresiasi program RS Wakaf yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa ini, apalagi di saat situasi seperti saat ini yang banyak beranggapan berobat itu mahal”, papar Ust dr. Zaidul Akbar, pakar ilmu kesehatan Islam dalam Wake Up Wakaf Dompet Dhuafa.

Beberapa tips sehat Ala Rasulullah SAW yang dapat dicoba untuk dipraktekkan yakni:

1. Mengonsumsi Makanan Halal dan Bergizi

Tips sehat ala Rasulullah SAW yang pertama ini menjadi yang utama. Selama hidupnya, beliau selalu mematuhi dasar hukum Islam untuk tidak memakan makanan haram. Sebab jika Allah SWT sudah memberi larangan, sudah pasti hal itu tidak baik untuk tubuh. Allah SWT berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada Allah kamu menyembah.” (QS Al-Baqarah: 172)

Rasulullah SAW memiliki pola makan dengan mengonsumsi makanan bergizi, misalnya seperti makan kurma, madu, zaitun, dan sebagainya. Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa setiap pagi mengkonsumsi tujuh butir kurma ‘Ajwah, maka pada hari itu ia akan terhindar dari racun dan sihir.” (HR Bukhari dan Muslim)

2. Menjaga Kebersihan dengan Mencuci Tangan

Nabi Muhammad SAW adalah seseorang yang selalu menyempurnakan wudhunya. Beliau mencuci tangannya sampai ke sela-sela hingga bersih. Oleh karena itu tidak heran jika Nabi tidak pernah mengalami gangguan pencernaan atau sakit perut, walaupun makan dengan menggunakan tangan.

BACA JUGA :   Jalan Panjang Atasi Stunting

Diriwayatkan oleh Laqith bin Shabrah, katanya, “Aku berkata: ‘Wahai Rasulullah, kabarkan kepadaku tentang wudhu?’” Nabi berkata: “Sempurnakan wudhu-mu, dan sela-selah antara jari-jemarimu, dan bersungguh sungguhlah dalam memasukkan air ke dalam hidung kecuali jika kamu dalam keadaan berpuasa.” (HR Tirmidzi)

3. Membaca Doa dan Menggunakan Tangan Kanan

Cara makan Rasulullah SAW selalu membaca doa sebelum dan sesudah maka. Ini menjadi tips sehat Ala Rasulullah SAW karena bertujuan agar makanan yang dikonsumsi lebih berkah, menjadi obat, dan tidak membuat seseorang menjadi rakus.

Terkait penggunaan tangan kanan jika dikaji secara medis, makan dengan tangan kiri memang tidak bagus karena tangan kiri sering digunakan untuk mencuci area intim, sehingga kemungkinan bakteri bisa bersarang di dalam jari.

Dari Ibnu Umar r.a, Rasulullah SAW bersabda: “Jika salah seorang dari kalian makan, maka makanlah dengan menggunakan tangan kanan, dan jika ia minum, maka minumlah dengan menggunakan tangan kanan, karena sesungguhnya setan itu makan dan minum dengan menggunakan tangan kiri.” (HR Muslim)

4. Makan saat Lapar dan Berhenti Sebelum Kenyang

Menjadi tips sehat Ala Rasulullah SAW, hal ini juga diterangkan oleh Allah SWT saat berfirman: “Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (QS Al-A’raf: 31)

Dalam hadits lain diterangkan: “Kalau memang tidak ada jalan lain (memakan lebih banyak), maka berikan sepertiga untuk (tempat) makanan, sepertiga untuk (tempat) minuman dan sepertiga untuk (tempat) nafasnya.” (HR Tirmizi dan Ibnu Majah)

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: