7 Hewan Purba yang Masih Eksis di Era Modern

Hewan purba adalah organisme hewan yang hidup pada zaman prasejarah dan telah ada sejak jutaan tahun yang lalu. Mereka berasal dari masa geologi yang sangat tua dan sering kali memiliki bentuk fisik yang berbeda dengan hewan-hewan modern.

Secara umum, hewan purba adalah organisme yang memberikan wawasan penting tentang sejarah kehidupan di Bumi, evolusi, dan adaptasi biologis. Penelitian tentang hewan purba membantu kita memahami lebih baik tentang bagaimana kehidupan di Bumi telah berubah dan berkembang sepanjang waktu.

Banyak hewan purba yang telah punah, tetapi ada beberapa yang telah bertahan hidup hingga zaman modern ini. Berikut adalah tujuh hewan purba yang masih ada hingga sekarang:

- Iklan -
  1. Coelacanth
    • Ikan ini pernah dianggap telah punah sejak 66 juta tahun yang lalu hingga ditemukan kembali pada tahun 1938 di lepas pantai Afrika Selatan. Coelacanth memiliki ciri-ciri fisik yang unik dan merupakan salah satu ikan tertua yang masih ada.

      Coelacanth
      Coelacanth
  2. Horseshoe Crab (Kepiting Tapal Kuda)
    • Hewan ini telah ada selama lebih dari 450 juta tahun. Mereka sering dianggap sebagai fosil hidup karena bentuk tubuh mereka yang hampir tidak berubah sejak zaman purba.

      Kepiting-Tapal-Kuda
      Kepiting-Tapal-Kuda
  3. Nautilus
    • Nautilus adalah moluska laut yang memiliki cangkang berbentuk spiral. Mereka telah ada selama lebih dari 500 juta tahun dan masih dapat ditemukan di Samudra Pasifik dan Hindia.
  4. Tuatara
    • Reptil ini hanya ditemukan di Selandia Baru dan telah ada selama lebih dari 200 juta tahun. Tuatara memiliki penampilan yang mirip dengan kadal, tetapi sebenarnya merupakan bagian dari ordo reptil yang berbeda.
    • Tuatara
      Tuatara
  5. Sturgeon
    • Ikan ini telah ada selama lebih dari 200 juta tahun dan sering dianggap sebagai fosil hidup. Mereka terkenal karena menghasilkan kaviar yang mahal.

      Sturgeon
      Sturgeon
  6. Crocodile (Buaya)
    • Buaya telah ada selama lebih dari 200 juta tahun. Mereka adalah salah satu contoh hewan purba yang masih bertahan hingga zaman modern dan dapat ditemukan di berbagai belahan dunia.

      Crocodile
      Crocodile
  7. Ginkgo Biloba
    • Meski bukan hewan, pohon ini adalah fosil hidup yang telah ada selama lebih dari 200 juta tahun. Ginkgo Biloba sering dianggap sebagai salah satu spesies pohon tertua yang masih ada.

Hewan-hewan ini memberikan wawasan berharga tentang sejarah evolusi dan bagaimana beberapa spesies dapat bertahan selama jutaan tahun meskipun terjadi perubahan lingkungan yang signifikan.

Banyak hewan purba yang telah punah, tetapi ada beberapa yang telah bertahan hidup hingga zaman modern ini. Itulah tujuh hewan purba yang masih ada hingga sekarang.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU