ADV A1

7 Makanan Khas Imlek Wajib Ada yang Diyakini Bawa Keberuntungan

FAJAR Pendidikan

Bagi Masyarakat Tionghoa yang merayakan Tahun Baru Imlek atau Chinese New Year, alah satu hal yang pasti selalu di tunggu-tunggu tentu adalah makanan khas Imlek yang biasanya cuma ada satu tahun sekali.

Selain rasanya yang enak dan nikmat, setiap menu sajian spesial Imlek memiliki makna tersendiri lho bagi kamu yang mengonsumsinya. Mulai dari bikin panjang umur, bahagia, hingga keberuntungan.

Selain itu, beberapa Makanan Khas Imlek 2022 ini dapat menjadi pilihan terbaik bagi Anda untuk membawa keberuntungan.

Berikut ini, 7 makanan Imlek 2022 yang membawa keberuntungan dan artinya yang dikutip oleh PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari laman China Highlights pada Rabu, 26 Januari 2022.

1. Ikan — Peningkatan Kemakmuran

Ikan — Peningkatan Kemakmuran
Ikan — Peningkatan Kemakmuran

Ikan adalah salah satu makanan khas tahun baru cina. Dalam bahasa Cina, ikan              (鱼 Yú /yoo/) terdengar seperti ‘surplus’. Ikan adalah hidangan Tahun Baru Imlek tradisional pada menu makan malam Tahun Baru Imlek.

Orang Tionghoa selalu ingin memiliki surplus di akhir tahun. Hal ini karena mereka berpikir jika mereka telah berhasil menabung di akhir tahun. Kemudian, mereka dapat menghasilkan lebih banyak di tahun berikutnya.

BACA JUGA :   Resep Kangkung Telur Puyuh, 5 Menit Siap Dihidangkan

2. Pangsit Cina — Kekayaan 

Pangsit Cina — Kekayaan 
Pangsit Cina — Kekayaan

Pada sejarah lebih dari 1.800 tahun, pangsit (饺子 Jiǎozi /jyaoww-dzrr/) adalah makanan keberuntungan klasik untuk Tahun Baru Imlek. Hidangan tradisional yang dimakan pada Malam Tahun Baru Imlek, sangat populer di Tiongkok, terutama di Tiongkok Utara.

Pangsit Cina dapat dibuat agar terlihat seperti batangan perak Cina (yang bukan batangan, tetapi berbentuk perahu, lonjong, dan kedua ujungnya dimiringkan). Legenda mengatakan bahwa semakin banyak kue yang Anda makan selama perayaan Tahun Baru, semakin banyak uang yang dapat Anda hasilkan di Tahun Baru.

Pangsit umumnya terdiri dari daging cincang dan sayuran cincang halus yang dibungkus dengan kulit adonan tipis dan elastis. Isi populer adalah daging babi cincang, udang potong dadu, ikan, ayam giling, daging sapi, dan sayuran. Mereka bisa dimasak dengan merebus, mengukus, menggoreng atau memanggang.

BACA JUGA :   Resep Kangkung Telur Puyuh, 5 Menit Siap Dihidangkan

3. Lumpia — Kekayaan

Lumpia — Kekayaan
Lumpia — Kekayaan

Lumpia (春卷 Chūnjuǎn /chwnn- jwen/) namanya karena mereka dimakan secara tradisional selama Festival Musim Semi. Ini adalah hidangan Tahun Baru Imlek yang sangat populer di Tiongkok Timur: Jiangxi, Jiangsu, Shanghai, Fujian, Guangzhou, Shenzhen, Hong Kong.

Lumpia adalah hidangan dimsum Kanton dari gulungan berbentuk silinder yang diisi dengan sayuran, daging, atau sesuatu yang manis. Isian dibungkus dengan pembungkus adonan tipis, lalu digoreng, saat lumpia diberi warna kuning keemasan.

4. Kue Beras Ketan — Penghasilan atau Posisi Lebih Tinggi

Kue Beras Ketan
Kue Beras Ketan

Kue beras ketan (年糕 Niángāo /nyen-gaoww/) adalah makanan keberuntungan yang disantap pada Malam Tahun Baru Imlek. Dalam bahasa Cina, kue beras ketan terdengar seperti itu berarti “semakin tinggi dari tahun ke tahun”.

Dalam pikiran orang Cina, ini berarti semakin tinggi Anda semakin makmur bisnis Anda adalah peningkatan umum dalam kehidupan. Bahan utama niangao adalah ketan, gula, kastanye, kurma Cina, dan daun teratai.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI