- Advertisement -

7 Manfaat Luar Biasa Konsumsi Madu Saat Bulan Puasa Bagi Kesehatan

Selama menjalani ibadah puasa, Anda juga perlu memperhatikan asupan makanan dan minuman, baik ketika berbuka atau sahur.

Salah satu caranya dengan mengonsumsi madu yang bagus agar energi tetap optimal. Selain meningkatkan energi tubuh, manfaat madu juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan.

Berdasarkan berbagai penelitian, madu yang kaya akan kandungan nutrisi tentu memiliki potensi untuk kesehatan tubuh, berikut ini:

1. Merawat kulit agar awet muda

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Adanya radikal bebas akan membuat terjadinya gangguan pada sel-sel tubuh dan mengakibatkan penuaan pada kulit. Kandungan antioksidan pada madu mampu menangkal bahaya radikal bebas tersebut dan mencegah berbagai gangguan yang disebabkan oleh radikal bebas, termasuk penuaan dini.

BACA JUGA:  6 Ciri-ciri Penyakit Paru-paru Basah

Tinggi rendahnya kandungan antioksidan pada madu juga dapat Anda amati dari warna madu. Semakin gelap warna madu, makin tinggi pula kandungan antioksidan yang terkandung.

2. Menurunkan risiko kanker

Madu memiliki senyawa aktif yang bersifat antikanker. Oleh karena itulah, salah satu penelitian pada jurnal Pharmacognosy research menyebutkan bahwa madu mungkin memberi manfaat untuk menurunkan risiko berbagai kanker.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Penyakit kanker terjadi akibat sel-sel tubuh menjadi abnormal; tumbuh tanpa kendali dan tidak mati.

Akibatnya, sel menumpuk dan membentuk tumor. Senyawa aktif pada madu dapat mencegah poliferasi sel dan merangsang apoptosis. Poliferasi sel adalah siklus pembelahan sel, saat sel membelah menjadi dua sel turunan. Sementara, apoptosis adalah program yang memrintahkan sel untuk mati.

BACA JUGA:  Waspada Terhadap Makanan yang Pemicu Kanker

3. Membantu menurunkan risiko penyakit jantung

Antioksidan pada madu bisa dibilang cukup lengkap, karena terdiri dari flavonoid, polifenol, Vitamin C, dan monofenol. Kesemua antioksidan ini memberikan perlindungan pada kesehatan jantung.

Ada tiga mekanisme manfaat madu pada jantung, yakni meningkatkan vasodilatasi (pelebaran) pembuluh koroner, menurunkan kemampuan trombosit dalam membekukan darah, dan menghambat proses oksidasi kolesterol jahat. Selain itu, vitamin C pada madu juga berkhasiat mencegah peradangan pada pembuluh darah di sekitar jantung.

Bagikan

BACA JUGA:

Berikut Masker Paling Dianjurkan Ahli untuk Varian Omicron

Penggunaan masker kini semakin kurang di kalangan masyarakat dengan maraknya varian Omicron, karena itu Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengatakan jika...

Talasemia, Penyakit Kelainan Darah Merah Mengintai Keturunan

Talasemia merupakan penyakit kelainan darah merah yang diturunkan dari kedua orangtua kepada anak dan keturunannya. Penyakit ini disebabkan karena berkurangnya atau tidak terbentuknya protein pembentuk...

Cegah Penyebaran Covid-19, Unhas Sediakan Hand Sanitizer Produk Sendiri

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sebagai bentuk tanggung jawab sosial dalam upaya penanggulangan penyebaran virus Covid-19, Universitas Hasanuddin melalui Fakultas Farmasi menyediakan cairan pembersih tangan (Hand...

Apa itu Cacar Monyet dan Apa Penyebabnya? Indonesia Dihantui Wabah Cacar Monyet

Cacar monyet merupakan penyakit akibat virus yang ditularkan melalui binatang atau zoonosis. Penularan cacar monyet dapat terjadi melalui kontak dengan darah, cairan tubuh, atau lesi...

Psikologi: Kebahagiaan (Happiness) Sebagai Penangkal Depresi

Depresi merupakan salah satu masalah kesehatan mental yang utama pada masa sekarang ini yang mendapat perhatian cukup serius di negara-negara berkembang. Pada 2021 sendiri...

POPULER