Waspadai Penyakit Cacar Monyet

Belum pulih betul penyakit yang disebabkan wabah Covid 19, sehingga walaupun penggunaan masker sudah dilonggarkan, namun untuk masuk mall, bank dan toko penjualan pakaian, tetap masker tidak boleh dilepas.

Kini, muncul lagi penyakit varian baru, CACAR MONYET. Varian baru ini, juga merupakan penyakit yang langka. Dapat ditularkan oleh manusia melalui kontak dengan hewan terinfeksi. Seperti primate, tikus, atau hewan pengerat lainnya.

Baca Juga:  Mengenal Pancaroba, Musim Rawan Penyakit

Penularan dari manusia ke manusia, juga dapat terjadi melalui percikan air ludah, luka pada kulit penderita, atau obyek yang telah terkontaminasi cairan tubuh penderita.
Gejalanya

- Iklan -

Gejalanya, hampir sama dengan gejalan Covid. Sakit kepala, demam, nyeri otot, pembengkakan kelenjar getah bening, hilang nafsu makan, ruam /bintil. Gejalanya, akan pulih, 2 – 4 minggu.

Baca Juga:  Perawatan Wajah, Cantik Secara Alami

Pencegahannya :

Cegah sebelum terjangkiti. Cara pencegahannya. Pola hidup bersih dan sehat. Cuci tangan sebelum makan, atau setelah kontak dengan hewan. Masak makanan, khususnya produk daging hingga matang. Membatasi kontak fisik dengan orang yang dicurigai menderita cacar monyet. Vaksinasi sebelum melakukan destinasi perjalanan. Bila menemukan gejalanya, segera periksakan ke dokter. (Ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU