8 Menu Sarapan untuk Diet, Cepat Turunkan Berat Badan Anda

FAJAR Pendidikan

saat menjalankan program penurunan berat badan, sangat penting untuk mengatur makanan dan minuman yang di konsumsi setiap hari.

Mengonsumsi makanan yang salah akan menggagalkan rencana diet atau bahkan justru menaikkan berat badan.

Makanan dengan kandungan yang tepat tidak hanya akan membantu menurunkan berat badan, tetapi juga meningkatkan kesehatan tubuh.

Ada ragam menu sarapan pagi untuk diet yang bisa di coba. Mungkin bisa ganti menu sarapan pagi untuk diet agar tidak bosan.

Anda juga bisa berkonsultasi lebih dulu dengan dokter gizi agar menu makanan sesuai yang di butuhkan tubuh.

Berikut pilihan menu sarapan pagi untuk diet yang bisa bantu menurunkan berat badan seperti di lansir dari Healthline.

1. Pisang

Pisang juga termasuk salah satu buah yang bagus untuk sarapan pagi saat diet. Pisang tinggi serat tapi rendah kalori, sehingga bisa menjadi alternatif nih, Bunda.

BACA JUGA :   Cara-cara Mengukur Tingkat Intelegensia Anak

Satu buah pisang ukuran sedang memiliki lebih dari 100 kalori namun mengemas 3 gram serat makanan. Kandungan seratnya bisa menghilangkan hingga 12 persen dari kebutuhan serat harian dalam satu kali makan.

Selain itu, pisang mentah adalah sumber pati resisten yang baik, sejenis pati yang tidak dicerna oleh perut dan usus kecil Bunda. Penelitian menunjukkan bahwa pati resisten dapat membantu mengurangi asupan makanan dan lemak perut.

Pisang dapat dinikmati sendiri atau diiris sebagai topping untuk yogurt, salad keju, atau oatmeal. Bunda juga bisa menambahkan pisang mentah ke smoothies sebagai sarapan pagi untuk diet.

2. Telur

Telur merupakan makanan yang kaya akan protein, vitamin, dan mineral penting, seperti selenium dan riboflavin.

Berkat kandungan protein yang tinggi, telur yang dikonsumsi saat sarapan mampu menekan nafsu makan.

Sebuah penelitian terhadap 30 wanita obesitas menunjukkan, makan telur untuk sarapan mampu meningkatkan perasaan kenyang dan mengurangi asupan makanan di kemudian hari.

BACA JUGA :   5 Panduan Islam Hadapi Usia 40

3. Chia Seed

Chia seed menjadi sarapan pagi untuk diet yang bagus buat menurunkan berat badan. Chia seed tinggi serat dan bisa menyerap air untuk membentuk gel yang mengembang di perut untuk membantu Bunda merasa kenyang lebih lama.

Chia seed kaya akan protein yang dapat memperlambat pengosongan perut dan mengurangi kadar ghrelin, hormon yang bertanggung jawab untuk merangsang rasa lapar.

Cara mengonsumsi chia seed sebagai sarapan pagi untuk diet bisa dengan mencampurkannya menggunakan yogurt dalam mangkok. Biarkan meresap selama kurang lebih 30 menit agar chia seed mengembang.

Tambahkan buah beri favorit. Selain itu, juga bisa menambahkan chia seed ke dalam teh, smoothies, atau oatmeal sebagai sarapan pagi untuk diet.

4. Yogurt

Yogurt merupakan menu sarapan terbaik untuk diet yang menawarkan protein sehat dalam setiap porsinya.

Sebuah studi terhadap 20 wanita yang mengonsumsi yogurt menunjukkan adanya pengurangan asupan makanan hingga 100 kalori di kemudian hari.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI