8 Tahapan yang Harus Dilakukan Setelah Lulus SNMPTN 2022

FAJAR Pendidikan

Apakah perjuangan setelah dinyatakan lulus SNMPTN 2022 sudah selesai saat pengumuman dirilis? Ternyata masih ada tahapan yang perlu diselesaikan pendaftar. Proses pendaftaran ulang hingga pengurusan berkas wajib dilakukan agar kamu dinyatakan resmi sebagai mahasiswa baru kampus tujuan. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan setelah dinyatakan lulus SNMPTN 2022.

8 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Lulus SNMPTN 2022

1. Melakukan Verifikasi Data pada PTN Tujuan

Proses verifikasi data wajib dilakukan pendaftar yang sudah dinyatakan lulus SNMPTN 2022. Saat pengumuman SNMPTN dirilis, akan ada informasi bahwa pendaftar agar melakukan verifikasi data akademik. Pendaftar nantinya diminta menunjukkan rapor serta portfolio asli (bagi jurusan atau program studi yang mewajibkan portfolio). Siapkan pula Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2022 dan Surat Keterangan Tanda Lulus (SKTL). Dokumen-dokumen tersebut dibawa di PTN tempat pendaftar dinyatakan diterima.

Kebijakan untuk verifikasi dokumen akan ditetapkan oleh PTN masing-masing. Secara umum, pendaftar akan diminta untuk memverikasi data akademik yang sudah diunggah ketika mendaftar SNMPTN 2022. Dokumen tersebut ada yang diminta untuk dikirimkan langsung ke PTN tujuan, tetapi ada pula yang hanya perlu menunjukkan versi scan saja.

Jika diminta untuk mengisi biodata, lampirkan dokumen tersebut saat pengiriman beserta dokumen lainnya. Ada pula ketentuan mencantumkan nilai KKM yang tidak tertulis pada rapor agar turut disertakan berupa lampiran di rapor siswa. Pastikan bahwa kamu sudah mencatat tanggal waktu dimulainya pengiriman dokumen dan batas waktu paling lambat agar dokumen tetap bisa terverifikasi.

BACA JUGA :   Mengerikan Kasus yang Membelit Gubernur Papua Lukas Enambe

2. Memeriksa Persyaratan PTN Tujuan

Ketentuan verifikasi pendaftar yang sudah dinyatakan lulus SNMPTN 2022 bisa berbeda-beda antara satu kampus dengan kampus lainnya. Oleh karena itu, pendaftar diharapkan selalu update dengan informasi tata cara verifikasi dokumen yang diperlukan untuk SNMPTN 2022. Sebab, ada kampus yang sudah memiliki format khusus terkait isian data verifikasi calon mahasiswa baru yang dinyatakan lolos SNMPTN 2022. Persiapkan pula dokumen-dokumen yang sudah diimbau oleh LTMPT agar proses verifikasi tidak mengalami banyak hambatan, seperti:

  • Rapor asli
  • Portfolio asli (pada jurusan olahraga dan jurusan terkait seni yang mewajibkan)
  • Ijazah asli atau Surat Keterangan Tanda Lulus (SKTL)
  • Syarat lainnya yang ditetapkan masing-masing PTN

3. Melakukan Verifikasi (untuk Pendaftar Pemegang KIP-Kuliah)

Pendaftar yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah akan menjalani mekanisme yang sedikit berbeda. Pihak kampus tujuan tidak hanya melakukan verifikasi data terkait akademik saja, tetapi juga data ekonomi calon mahasiswa baru. Tata cara verifikasi ditentukan masing-masing PTN, seperti dengan datang langsung ke alamat pendaftar atau dengan mengumpulkan dokumen-dokumen yang diminta.

4. Melakukan Pendaftaran Ulang SNMPTN 2022

Tahap daftar ulang juga termasuk salah satu hal yang wajib dilakukan calon mahasiswa baru pada PTN tujuan. Adapun jadwal, persyaratan, dan ketentuan untuk daftar ulang yang ditetapkan setiap PTN tidak sama. Informasi lengkap terkait pendaftaran ulang SNMPTN diberitahukan lebih lanjut di website resmi dan media sosial.

BACA JUGA :   8 Alasan Massa Terus Protes Kenaikan Harga BBM

Perlu diketahui bahwa pendaftar yang sudah melakukan verifikasi data dan melakukan registrasi secara otomatis akan menggugurkan kesempatan ikut SBMPTN 2022. Pada ketentuan pendaftaran dicantumkan informasi bahwa pendaftar yang sudah diterima melalui jalur SNMPTN 2022 tidak diizinkan mengikuti UTBK – SBMPTN 2022.

5. Mencari Tahu Kurikulum di Jurusan Tujuan

Dunia perkuliahan akan sangat berbeda dengan dunia saat kamu masih di sekolah menengah. Perkuliahan yang tidak teratur hingga cara belajar yang berbeda akan kamu temukan ketika sudah resmi menjadi mahasiswa. Kamu akan dituntut untuk bertanggung jawab pada diri sendiri hingga menyelesaikan studi.

Setelah mendapatkan pengumuman kelulusan SNMPTN 2022 dan menyelesaikan semua tahapan wajib di atas, cobalah mencari tahu informasi materi kuliah yang akan kamu dapatkan setiap semester. Terdapat mata kuliah wajib yang harus diambil dan mata kuliah pilihan yang sifatnya opsional. Dengan melihat daftar mata kuliah selama studi, kamu bisa mencari tahu minat atau ketertarikanmu sebagai dasar untuk mengambil mata kuliah pilihan.

Bagikan:

- Advertisment -
REKOMENDASI UNTUK ANDA