Adverbs of Sequence, Pengertian, Jenis, dan Fungsi dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, terdapat beberapa jenis adverbs yang umum digunakan. Adverbs of Sequence adalah salah satu jenis adverbs yang sering digunakan dalam Bahasa Inggris. Berikut penjelasan lengkap mengenai Pengertian Adverbs of Sequence , Jenis Adverbs of Sequence dan Fungsi Adverbs of Sequence dalam kalimat.

Pengertian Adverbs of Sequence

Adverbs of Sequence dalam bahasa Inggris adalah kata-kata atau frasa yang digunakan untuk menyatakan urutan atau susunan waktu dari suatu peristiwa atau tindakan.

Mereka memberikan informasi tentang bagaimana suatu peristiwa berhubungan dengan peristiwa lain dalam urutan waktu. Beberapa contoh Adverbs of Sequence meliputi:

- Iklan -
  1. Firstly (pertama-tama)
  2. Secondly (kedua)
  3. Thirdly (ketiga)
  4. Next (selanjutnya)
  5. Then (kemudian)
  6. Afterward(s) (sesudah itu)
  7. Finally (akhirnya)
  8. Subsequently (selanjutnya)
  9. Simultaneously (secara bersamaan)
  10. Concurrently (serentak)

Adverbs of Sequence membantu untuk memberikan struktur dan kelangsungan pada urutan peristiwa dalam cerita atau paparan informasi. Mereka membantu pendengar atau pembaca untuk mengikuti alur cerita atau argumen dengan lebih baik.

 

Jenis Adverbs of Sequence

Adverbs of Sequence dalam bahasa Inggris dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis berdasarkan fungsi dan hubungan urutan waktu antarperistiwa. Berikut adalah beberapa jenis umumnya:

- Iklan -
  1. Adverbs of Enumeration: Jenis ini digunakan untuk mengurutkan atau menjelaskan peristiwa dalam urutan tertentu. Contohnya:
    • Firstly (pertama-tama)
    • Secondly (kedua)
    • Thirdly (ketiga)
    • Lastly (terakhir)
  2. Adverbs of Continuation: Adverba ini menunjukkan kelanjutan dari suatu peristiwa atau tindakan sebelumnya. Contohnya:
    • Next (selanjutnya)
    • Then (kemudian)
    • Afterward(s) (sesudah itu)
    • Subsequently (selanjutnya)
  3. Adverbs of Conclusion: Jenis ini menandakan akhir dari suatu rangkaian peristiwa atau tindakan. Contohnya:
    • Finally (akhirnya)
    • Eventually (pada akhirnya)
    • In conclusion (kesimpulannya)
  4. Adverbs of Simultaneity: Adverba ini menunjukkan bahwa dua peristiwa atau tindakan terjadi secara bersamaan. Contohnya:
    • Simultaneously (secara bersamaan)
    • Concurrently (serentak)
  5. Adverbs of Alternation: Jenis ini menunjukkan perubahan antara dua peristiwa atau tindakan. Contohnya:
    • Alternatively (atau)
    • Conversely (sebaliknya)
  6. Adverbs of Causality: Adverba ini menunjukkan hubungan sebab-akibat antara peristiwa atau tindakan. Contohnya:
    • Consequently (karenanya)
    • Accordingly (sesuai dengan itu)
    • Therefore (oleh karena itu)
Baca Juga:  Contoh Expository Text Bahasa Inggris Beserta Artinya

Penggunaan Adverbs of Sequence membantu untuk menyampaikan informasi dengan jelas dan terstruktur, membantu pendengar atau pembaca untuk mengikuti alur cerita atau argumen dengan lebih baik.

Fungsi Adverbs of Sequence

Fungsi Adverbs of Sequence dalam bahasa Inggris adalah:

  1. Memberikan Struktur Waktu: Adverbs of Sequence membantu untuk memberikan struktur yang jelas pada narasi atau paparan informasi dengan menyatakan urutan waktu dari peristiwa atau tindakan. Mereka membantu pembaca atau pendengar untuk mengikuti alur cerita atau argumen dengan lebih mudah.
  2. Membuat Cerita atau Paparan Lebih Teratur: Dengan menggunakan Adverbs of Sequence, pembicara atau penulis dapat menyusun peristiwa atau tindakan dalam urutan yang logis dan teratur, sehingga meningkatkan kelancaran dan kejelasan dalam komunikasi.
  3. Memperjelas Urutan Peristiwa: Adverbs of Sequence membantu untuk memperjelas hubungan antara peristiwa atau tindakan satu dengan yang lain, dengan menyatakan bagaimana suatu peristiwa berhubungan dengan peristiwa sebelumnya atau sesudahnya.
  4. Menggambarkan Proses atau Rangkaian Tindakan: Adverbs of Sequence membantu untuk menggambarkan proses atau rangkaian tindakan dalam sebuah cerita atau deskripsi. Mereka membantu untuk menyampaikan bagaimana suatu kegiatan berkembang dari satu tahap ke tahap berikutnya.
  5. Meningkatkan Keterbacaan dan Kekasihan: Dengan menggunakan Adverbs of Sequence, pembicara atau penulis dapat meningkatkan keterbacaan dan kekasihan tulisan atau pidatonya. Mereka membantu untuk menyajikan informasi dengan cara yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti.
  6. Menyampaikan Kesimpulan atau Resolusi: Beberapa Adverbs of Sequence, seperti “Finally” atau “In conclusion”, digunakan untuk menyampaikan kesimpulan atau resolusi dari suatu cerita atau argumen. Mereka membantu untuk menyelesaikan narasi atau pembahasan dengan jelas dan tegas.
Baca Juga:  Regular Verbs, Pengertian, Jenis, dan Fungsi dalam Bahasa Inggris

Dengan demikian, Adverbs of Sequence adalah alat penting dalam bahasa Inggris yang membantu untuk menyusun dan menyampaikan informasi dengan teratur dan jelas, serta membantu pembaca atau pendengar untuk mengikuti alur cerita atau argumen dengan lebih baik.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU