ADV A1
ADV B1

Aktivitas Merokok dalam Rumah Tinggi, Mahasiswa PBL II FKM Unhas Buat Papan Wicara Himbauan Wujudkan Rumah Bebas Asap Rokok

FAJAR Pendidikan

-ADV C1 -

Terhitung sejak tanggal 5 Januari 2022, mahasiswa FKM Unhas tengah melaksanakan kegiatan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) II pada sejumlah kecamatan di Kabupaten Takalar.

Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) I yang telah dilaksanakan pada Juli 2021 lalu.

-ADV C2 -

Kegiatan PBL II menuntut mahasiswa FKM Unhas untuk mampu mengimplementasikan rancangan program intervensi yang telah disusun pada PBL I berdasarkan prioritas masalah kesehatan yang ditemukan di wilayah kerja masing-masing.

-ADV C3 -

Program intervensi tersebut nantinya diharapkan mampu menjadi alternatif solusi dalam menyelesaikan masalah kesehatan yang ada.

Mahasiswa FKM Unhas yang tergabung dalam Posko 25 Desa Sawakong mendapatkan sejumlah masalah kesehatan yang dijadikan prioritas.

-ADV C4 -

Salah satu masalah tersebut ialah masih tingginya perilaku merokok dalam rumah yang dilakukan oleh masyarakat di Desa Sawakong, Kecamatan Galesong Selatan, Kabupaten Takalar.

Baca Juga :   Mahasiswa PBL II FKM Unhas Beri Penyuluhan PHBS di Sekolah SDN 84 Pattinoang

Padahal, perilaku merokok dalam rumah menjadi salah satu indikator Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang diusung oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Merokok di dalam rumah dapat menimbulkan segudang bahaya yang dapat mengancam kesehatan anggota keluarga yang ada. Utamanya pada ibu yang sedang hamil.

Penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang terpapar asap rokok di dalam rumah 3,9 kali lebih berisiko melahirkan bayi prematur dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak terpapar asap rokok.

Berangkat dari hal tersebut, mahasiswa PBL II FKM Unhas posko 25 melakukan program intervensi berupa pengadaan papan wicara.

Papan wicara tersebut berisi himbauan kepada masyarakat di Desa Sawakong agar mau untuk mewujudkan rumah bebas asap rokok.

Baca Juga :   Mahasiswa PBL II FKM Unhas Adakan Pelatihan Jumantik Cilik di SD Inpres 223 Kadatong

“Media informasi kesehatan dewasa ini memegang peranan penting dalam upaya mengubah perilaku masyarakat.

Media seperti papan wicara dinilai mampu menjadi alternatif solusi yang efektif dalam melakukan diseminasi informasi terkait himbauan untuk tidak merokok dalam rumah.” pungkas Abdul Hadi Al Muttaqin selaku penanggung jawab program.

Papan wicara ini dipasang tepat di depan Kantor Desa Sawakong guna memudahkan masyarakat untuk melihat papan wicara tersebut.

“Penentuan lokasi pemasangan juga berdasarkan hasil diskusi dengan sejumlah tokoh masyarakat di Desa Sawakong pada saat pelaksanaan seminar awal,” tutur Andi Tania Yasni Aldini selaku Koordinator Posko 25 Desa Sawakong.

-ADV C5 -
ADV B2
ADV E1

BERITA DAERAH

BACA JUGA

ADV E2
- ADV D1 -
Sponsor
- ADV D2 -

TERKINI