Amalan Malam Lailatul Qadar

Amalan-amalan pada malam lailatul qadar :

1. Memperbanyak salat Dari Abu Hurairah radhyallahu anhu, Nabi SAW bersabda, “Barangsiapa melaksanakan salat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni (HR Bukhari no 1901).

2. Dianjurkan menghidupkan malam lailatul qadar dengan ibadah hingga terbit fajar subuh. Karena malam tersebut penuh keselamatan dari tenggelamnya matahari, hingga terbit fajar subuh.

- Iklan -

Dalam sebuah ayat disebutkan, ” Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar” (QS.Al Qadr :5)

Dalam perkataan Imam Syafei yang qadim (yang lama), “siapa yang menghadiri salat Isya dan salat subuh pada malam lailatul qadar maka ia telah mengambil bagian dari malam tersebut”.

Baca Juga:  Kisah Nabi Ibrahim Bersama Sarah

Imam Nawawi rahimahullah mengatakan bahwa itu adalah perkataan Imam Syafei yang lama. Tetapi tidak ada pendapat baru yang menyalahinya. Atau bersesuaian dengannya. Maka pendapat tersebut menjadi pendapat yang madzhab, tanpa ada beda pendapat di dalamnya”. (Al Majemu’ 6 ; 491). Lihat Al Mu’tamad fil Al Fiqh, Asy Syafii 2 : 222)

- Iklan -

Syaikh Prof Dr Muhammad Az Zuhaily mengatakan, “Siapa saja yang melihat lailatul qadar terjadi, hendaklah ia sembunyikan, lalu ia berdoa dengan penuh keikhlasan, niat dan keyakinan untuk kepentingan agama dan dunianya”. (Al Mu’tamad fil Al Fiqh Asy Syafii 2: 223).

Doa Malam Laiatul Qadar

3. Memperbanyak doa khusus. Hadist yang membicarakan doa ini, adalah dari Aisyah Radhyalahu anha, “Ia berkata aku pernah bertanya pada Rasulullah SAW, yaitu jika saja aku tahu bahwa satu malam adalah malam lailatul qadar, lantas apa doa yang mesti ku ucapkan. Jawab Rasulullah SAW berdoalah “Allahumma Afuwwun tuhibbul afwa fa’fu annii”. Artinya, ya Allah Engkau Maha Memberikan maaf dan Engkau suka memberikan maaf, menghapus kesalahan-kesalahan, karenanya maafkanlah aku hapuslah dosa-dosaku” (HR Tirmidzi no 3513 dan Ibnu Majah no 3850).

- Iklan -
Baca Juga:  Batas Kelapangan Seorang Hamba Sehingga Sangat Dianjurkan Berkurban

Abu Isa At Tirmidzi mengatakan, “hadist tersebut. hazan shahih. Al Hafzh Abu Thahir mengatakan bahwa hadist tersabut shahih).

4. Memperbanyak amalan saleh yang lain, seperti membaca Al-Quran, sedekah membaca shalawat selalu.

(Yayaaan Rumah Quran/ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU