Anggota Dewan: Ternyata Perpustakaan Tidak Hanya Mengelola Buku Saja

FAJAR Pendidilan

“Pandangan saya jadi terbuka tentang Perpustakaan hari ini. Saya rasa semua anggota dewan baru tahu ternyata Perpustakaan tidak hanya mengelola buku saja tetapi banyak kegiatan di Perpustakaan yang dapat memberdayakan masyarakat,” ungkap H Ishak pimpinan rombongan anggota dewan dari fraksi Golkar Kabupaten Konawe Kepulauan Sulawesi Tenggara saat menerima penjelasan dari Pustakawan Dinas Perpustakaan Makassar, Tulus Wulan Juni terkait fungsi Perpustakaan Umum di daerah, Rabu (10/08).

“Selama ini usulan anggaran dari Dinas kami hanya pengadaan buku saja, nanti saya minta untuk membuat berbagai kegiatan,” tambahnya.

Rombongan kunjungan kerja studi tiru anggota dewan dari Kabupaten Konawe Kepulauan yang terdiri H Ishak, SG (Golkar);

Arifuddin Bakrie (Nasdem), Ishak (Demokrat), Kasmin (PAN) dan Lukman SP (Golkar) diterima langsung oleh Sekretaris Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Andi Mappanyukki Andi Ukki dan Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Muh Thato Amran Kudus serta beberapa orang Pustakawan Dinas Perpustakaan Kota Makassar.

BACA JUGA :   Beri Edukasi dan Arahan, Polres Wajo Lakukan Pengaturan Lalu Lintas

Sekretaris Dinas Perpustakaan, Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pustakawan secara bergantian memaparkan berbagai kegiatan dan inovasi di Dinas Perpustakaan Kota Makassar dan dilanjutkan tanya jawab.

Semua anggota dewan pun menyimak dan diiringi rasa kagum seperti sudah tidak sabar ingin meniru program dan inovasi Dinas Perpustakaan Kota Makassar.

Salah satu anggota dewan, Arifuddin Bakrie tertarik dengan inovasi layanan KUSUKA atau akronim Kelas Khusus Pemustaka untuk memberdayakan masyarakat. Inovasi ini rencananya akan ditiru di Kabupaten Konawe Kepulauan.

“Layanan KUSUKA atau Kelas Khusus Pemustaka bagus sekali ini, kami di daerah penghasil kelapa namun masyarakat disana belum tahu mengolahnya selain hanya menjual biji kelapa nya.

BACA JUGA :   Tingkatkan Kreativitas, IGTKI Sinjai Gelar Lomba Menggambar

Nah, jika ada kelas keterampilan di Perpustakaan seperti membuat nata de coco dan kelas dasar lainnya yakni komputer tentunya sangat dibutuhkan di Konawe Kepulauan dan saya yakin masyarakat akan lebih mandiri dan sejahtera ditambah dengan buku bacaan yang mendukungnya,” terang Arifuddin bersemangat.

Pustakawan Dinas Perpustakaan Kota Makassar sangat bersyukur dengan semangat kesadaran para anggota dewan.

“Alhamdulillah, kalau semua anggota dewan seperti ini, Perpustakaan akan tumbuh dan berperan memberikan kesejahteraan kepada masyarakat karena fungsi Perpustakaan bukan hanya sumber informasi saja tetapi masih ada fungsi lain yakni fungsi pendidikan dalam hal ini tempat pendidikan sepanjang hayat untuk semua, fungsi pelestarian, fungsi penelitian dan fungsi rekreasi,” ungkap Tulus. (*)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Kronologi Mamat Alkatiri Dilaporkan Polisi Kasus Penghinaan

Komika Mamat Alkatiri dilaporkan ke Polda Metro Jaya terkait dugaan pencemaran nama baik terhadap anggota Komisi 1 DPR RI dan Fraksi Partai Nasdem, Hillari...

Profil dan Biodata Mamat Alkatiri, Komika yang Dilaporkan Brigitta Anggota DPR RI

Komika Mamat Alkatiri dilaporkan ke Polda Metro Jaya terkait dugaan pencemaran nama baik terhadap anggota Komisi 1 DPR RI dan Fraksi Partai Nasdem, Hillari...

Siswa SMA Kelas XI Bosowa School Makassar Kunjungi UPT-PIBPS

Berikan experiental learning pada pelajaran biologi terkait teknologi inseminasi buatan, siswa SMA Kelas XI Bosowa School Makassar mengunjungi Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Inseminasi Buatan...

Sosialisasi dan Pendampingan Mahasiswa FKM Unhas Ikut Lomba Nasional dan Internasional

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) melaksanakan sosialisasi dan pendampingan mahasiswa untuk mengikuti perlombaan di tingkat nasional dan juga internasional. Sosialisasi yang dilakukan pada...