Sabtu, Oktober 23, 2021

Anti Lemes, Lakukan Ini saat Kamu Berpuasa

spot_imgspot_img

Siapa nih yang lagi puasa? Angkat tangan! Bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Bulan penuh berkah dan nilai-nilai berarti bagi umat Islam.

Supaya bulan Ramadanmu lebih berarti dan mudah menjalankan ibadah puasa, yuk simak delapan hal di bawah ini supaya puasamu nanti nggak lemes.

1. Menjaga cairan tubuh

Saat berpuasa kita tidak dapat makan atau minum, menjaga tubuh supaya tidak dehidrasi dapat kamu lakukan setelah berbuka hingga sahur, lho. Caranya minum air putih 2,5 L dalam rentang waktu berbeda dari berbuka hingga sahur.

2. Tidur 7-9 jam

Ada baiknya kamu tidur cukup antara 7-9 jam per-hari. Tapi ingat, jangan kebanyakan tidur, karena nanti ibadah puasa kita jadi kurang maksimal.

3. olahraga ringan

Tidak perlu berat-berat olahraganya, selama kamu mampu dan bisa hendaknya rutin olahraga tiap hari. Karena bagaimanapun juga, olahraga bermanfaat untuk menjaga tubuhmu supaya tetap fit dan bugar saat menjalani hari.

4. Makan dan minum yang manis

Biasanya kurma menjadi salah satu andalan ketika berbuka. Oiya kalau bisa waktu berbuka jangan makan makanan yang digoreng atau terlalu berminyak dahulu ya, nanti malah membuat tenggorokanmu kurang nyaman.

5. Kurangi makanan dengan tinggi garam

Makan makanan dengan tinggi garam tidak baik buat tubuhmu, kalau dikonsumsi terus-menerus. Nah, terlalu sering mengonsumsi garam bisa membuatmu hilang selera makan? Sebab kalau kita suka mengonsumsi makanan asin, lidah kita akan menjadi lebih terbiasa dan tubuh memberi sinyal supaya menambah konsumsi garam supaya rasa makanannya tambah kuat.

6. Konsumsi makanan mengandung karbohidrat, protein, dan serat

Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi kita dalam menjalani hari, kurang asupan karbohidrat bisa membuatmu menjadi tak bertenaga. Protein dan serat juga sama, keduanya sangat dibutuhkan tubuh saat berpuasa.

Gimana, apakah tips di atas membantu puasamu di bulan Ramadan ini? Semoga kita selalu diberikan kemudahan dan kelancaran ya, dan semoga ibadah Ramadanmu semakin bernilai dan berarti ya.

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI