Friday, May 29, 2020

Antusiasnya Ibu PKK Mengikuti Lomba Masak Makanan Sehat Keluarga Cegah PTM

- Advertisement -

Gowa, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Untuk pertama kalinya, diadakan lomba masak di Desa Je’ne Madinging dengan tema, “Makanan Sehat Keluarga Cegah Penyakit Tidak Menular Berbasis Pangan Lokal”, Sabtu, 26 Oktober 2019.

Lomba ini merupakan rangkaian acara Program Bina Desa Mahasiswa yang diadakan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas).

Lomba ini dipandu oleh St. Ainul Rachmadani, Deby Karmila Musakkar, Eka Patricia, Nurhalisah, dan Muh. Irham Noer, serta Muhammad Rachmat, SKM, M.Kes., selaku dosen pendamping.

Lomba Masak Makanan Sehat ini diikuti oleh ibu-ibu yang terdiri dari empat tim yang mewakili empat dusun yang terdapat di Desa Je’ne Madinging, yaitu  Dusun Macinna, Dusun Bangkala, Dusun Embung, dan Dusun Ba’do-Ba’do. Adapun jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 21 orang.

Kegiatan ini dimulai sekitar jam 09.00 WITA yang bertempat di rumah Kepala Desa Je’ne Madinging. Sebelum ibu-ibu peserta lomba mulai memasak, terlebih dahulu mereka dibagikan celemek.

Kepada mereka juga paparkan kembali tentang kriteria makanan sehat dan dapat mencegah penyakit tidak menular seperti makanan rendah garam, rendah lemak (minyak) dan tanpa penggunaan penyedap rasa MSG.

Kegiatan berlangsung hingga pukul 13.00 WITA yang diakhiri dengan pembagian hadiah kepada seluruh tim setelah dilakukan penilaian terhadap masakannya.

Adapun kriteria penilaian masakan yaitu, presentasi tim, cita rasa, tekstur, dan kreativitas penyajian.

Perlombaan masak menu makanan sehat ini disambut antusias oleh ibu-ibu di Desa Je’ne Madinging.

“Bagus ini kegiatan karena barusan ada lomba begini, belum pi pernah ada lomba masak-masak selain ini,” ungkap istri Kepala Desa Je’ne Madinging. (FP/Rls)

- Advertisement -

TERKINI

Minta Nadiem Tunda Tahun Ajaran Baru, Ribuan Orang Teken Petisi

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Ribuan orang meneken petisi online meminta Presiden Joko Widodo dan Mendikbud Nadiem Makarim untuk menunda tahun ajaran baru. Petisi itu diinisiasi seseorang...

Perkuat Ukhuwah Makhluqiyah Jadi Tema Halalbihalal Virtual UIN Alauddin Makassar

Gowa, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Keluarga besar UIN Alauddin Makassar menggelar Halalbihalal virtual dengan mengusung tema, “Memperkuat Ukhuwah Makhluqiyah Menghadapi Pandemi Covid 19” via...

Jajaran Lantamal VI Lanal Kendari Rapid Test Massal Pengguna Jasa Pelabuhan Bungkutoko

Kendari, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pangkalan TNI AL (Lanal) Kendari, Lantamal VI, Koarmada II bergerak cepat dalam mengantisipasi penyebaran virus corona di wilayah kota...

Langgar SOP Covid-19, Kasat Lantas Polres Barru Panggil Oknum Kapus

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kapolres Barru Akbp Welly Abdillah, melalui Kasat Lantas Polres Barru Akp Mariana Taruk, memanggil untuk mengkonfirmasi salah satu oknum...

REKOMENDASI