Apa itu Tes TKD dan Core Values BUMN? Ini Penjelasannya

FAJAR Pendidikan

Baru-baru ini Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sedang membuka peluang baru dalam rekrutmen periode 2022. Pembukaan registrasi tersebut sudah berlangsung pada 9-11 Mei 2022 kemarin.

Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Core Values BUMN nantinya akan dimulai dalam waktu dekat, tepatya pada 17 – 27 Mei 2022 mendatang.

Jadwal peserta untuk melakukan Tes TKD dan Core Values akan dikirim melalui email masing-masing dan akan ditayangkan di beranda akun rekrutmenbersama.fhcibumn.id.

Apa itu Tes TKD dan Core Values BUMN?

TKD atau Tes Kemampuan Dasar adalah, sebuah tes yang bertujuan untuk mengukur kemampuan dasar. Tes ini meliputi bentuk soal numerik, gambar dan juga verbal.

BACA JUGA :   APTISI Mengundang 2500 Pimpinan PTS, Yayasan dan Dosen

Sedangkan untuk Core Values BUMN, materi yang diujikan meliputi Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Atau yang biasa disebut dengan materi ujian AKHLAK. Adapun isi dari Core Values BUMN antara lain:

Pertama, amanah yang memiliki arti memegang teguh kepercayaan yang diberikan dengan panduan perilaku. Seperti memenuhi janji dan komitmen, bertanggungjawab atas tugas, keputusan, dan tidakan yang dilakukan, serta berpegang teguh kepada nilai – nilai moral dan etika.

Kedua, kompeten yang memiliki arti terus belajar dan mengembangkan kapabilitas, dengan panduan perilaku. Seperti meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah, membantu orang lain belajar, dan menyelesaikan tugas dengan kualitas terbaik.

BACA JUGA :   50 Ucapan Selamat Wisuda Islami Untuk Wisuda Mahasiswa

Ketiga, harmonis yang akan menguji dalam hal rasa saling peduli dan menghargai perbedaan, dengan menghargai setiap orang apapun latar belakangnya, suka menolong, dan membangun lingkungan kerja yang kondusif.

Keempat, loyal memiliki maksud dapat berdedikasi dan mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara. Seperti dapat menjaga nama baik BUMN, negara, karyawan, dan pimpinan. Dan rela berkorban untuk mencapai tujuan yang lebih besar. Serta patuh kepada pimpinan sepanjang tidak bertentangan dengan hukum dan etika.

Kelima, adaptif yaitu dapat berinovasi dan antusias dalam menggerakkan ataupun menghadapi perubahan. Keenam, yaitu kolaboratif yang memiliki pengertian dapat membangun kerjasama yang sinergis.

Download Kisi-kisi Soal TKD dan Core Values BUMN

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI