Unhas Gelar Guest Lecture Tema Tantangan Kesehatan di Negara Kepulauan Maladewa

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) mengadakan acara Guest Lecture dengan tema “Tantangan Kesehatan di Negara Kepulauan Maladewa” pada Selasa, 16 Mei 2023.

Acara ini diselenggarakan secara daring melalui platform Zoom, bertujuan untuk memperluas wawasan dan meningkatkan kerjasama antara Unhas dan The Maldives National University dalam bidang pendidikan dan penelitian.

Acara tersebut diawali dengan sambutan pembukaan oleh Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan, dan Bisnis Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Eng Adi Maulana, S.T., M.Phil.

- Iklan -

Selanjutnya, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, Prof. Sukri Palutturi, SKM, M.Kes, M.Sc.PH, Ph.D., memberikan sambutan penyambutan kepada seluruh peserta.

Materi utama dalam acara ini disampaikan oleh Shabeeb Abdul Azeez dari Departemen Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, The Maldives National University.

Baca Juga:  BEM Fakultas Psikologi Unibos Gelar Pelatihan Karya Tulis

Shabeeb membahas berbagai tantangan kesehatan yang dihadapi oleh Maladewa sebagai negara kepulauan, termasuk masalah sumber daya manusia kesehatan, infrastruktur kesehatan, kesehatan ibu dan anak seperti imunisasi dan stunting, sanitasi dan air bersih, penyakit tidak menular, serta kesehatan mental.

- Iklan -

Namun, dalam presentasinya, Shabeeb juga mengungkapkan upaya dan keberhasilan yang telah dicapai oleh Maladewa dalam bidang kesehatan, seperti program Universal Health Coverage melalui program Husnuva Asandha, pengendalian penyakit menular, cakupan imunisasi yang tinggi, eliminasi penyakit zoonosis, dan pencapaian target MDGs pada tahun 2015.

Pada sesi diskusi, beberapa peserta, termasuk dosen dan mahasiswa dari FKM Unhas, berkesempatan untuk bertanya dan berdiskusi dengan pemateri terutama terkait langkah-langkah yang dapat diambil oleh Indonesia sebagai negara kepulauan yang serupa dengan Maladewa untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan, terutama terkait akses dan pemerataan layanan kesehatan di pulau-pulau terpencil.

- Iklan -
Baca Juga:  UIN Alauddin Makassar Terakreditasi Unggul

Sebagai penutup, Prof. Sukri Palutturi, SKM, M.Kes, M.Sc.PH, Ph.D., selaku Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat, mengungkapkan apresiasi dan terima kasih kepada pemateri atas ilmu yang telah dibagikan.

Ia berharap kerja sama antara Universitas Hasanuddin, khususnya Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan The Maldives National University, terutama dalam bidang pendidikan dan penelitian, dapat ditingkatkan di masa yang akan datang.

“Acara Guest Lecture ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang baik untuk memperkuat kolaborasi antara Universitas Hasanuddin dan The Maldives National University dalam mengatasi tantangan kesehatan di negara kepulauan, serta untuk meningkatkan pertukaran pengetahuan dan pengalaman dalam bidang kesehatan antara kedua institusi tersebut,” harap Prof Sukri.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU