Bagaimanakah Adabnya Bersin?

Abu Hurairah radhyaallahu anhu, meriwayatkan sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam ” sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap.

Maka apabila di antara salah seorang dari kalian bersin, dan memuji Allah, maka wajib setiap orang muslim yang mendengarnya untuk mengucapkan , “YARHAMUKALLAH”. Artinya, semoga Allah merahmatimu.

Setan Tertawa

- Iklan -

Adapun menguap, itu adalah dari setan. Apabila salah seorang diantara kalian mau nenguap, hendaklah ia menahannya semmpu mungkin. Karena jika salah seirang diatara kalian menguap, maka setan tertawa karenanya.. ( HR. Bukhari no.6223)

Pelajaran yang bisa dipetik

1. Bersin adalah proses keluarnya udara dari paru paru, melalui hidung dan mulut. Udara itu kekuat membawa debu, kotoran dan bakteri yang masuk ke dslam sistem.pernafasan.

- Iklan -

Sedangkan menguap,, adalah menghirup udara dalam dalam masuk ke dalam.mulut tanpa kendali.

2. Allah menyukai bersin dan membenci menguap. Allah memiliki sifat cinta ( al – mahabbah) dan sifat benci (al- ksrah)

Baca Juga:  Efek Mandi Sebelum Adzan Subuh

3. Disunnahkan segera mengucapkan “,YARHAMUKALLAH”, ketika mendengar orang yang bersin. Dan orang betsin, mengucapkan ALHAMDULILLAH.

- Iklan -

4. Menguvapkan YARHAMUKALLAH berlaku jika mendengar orang bersin, dan yang mendengarnya mengucapkan ALHAMDULILLAH.

5. Jika tidak.mendengar orang bersin dan tidak pula mrndengarnya mengucapkan ALHAMDULILLAH, mska tidak.perlu mengucapkan YARHAMUKALLAH.

6. Setiap yang mendrngar otang yang bersin, dan memuji Allah mengucapkan ALHAMDULILLAH, maka hendaklah ia mengucapkan YARHAMUKALLAH. Menurut Syeikh Salim bin Ied Al- Hilaly dalam Bahjah An – Nazhirin hukumnya fardhu ain.

7. Bersin sdalah salab satu nikmat yang Allah berikan kepada hambanya. Bersin menjadi salah satu nikmat. Karena mengeluarkan penyakit yang ada dalam diri kita..

Bersin mengeluarkan virus atau bakteti yang menmpel.pada rongga hidung, sehingga kita terhindar dari penyakit.

Oleh karena itu, Allah meminta kepada hambanya, berdoa atas nikmat tersebut. Dengan berdoa sehingga seseoang akan terus diberikan nikmat nikmat yang lain yang lebih banyak.

Baca Juga:  Solusi Sembuh dari Stroke

8. Ketika seseorang mendoakan keberkahan dan kerahmatan bagi orang bersin, berarti mendoakan supaya nikmat dan rezeki yang kita dapatkan selalu bernilai berkah dan rahmat. Rezeki yang demikian tentu saja menjadi berkah bagi setiap.muslim.

9. Itulah doa ketika kita bersin maupun mendengarkan orang lain bersin Membacanya, bukan sekadar membaca doa Akan tetapi bernilai mensyukuri nikmat Allah dan membuat rezeki yang kita dapatkan di dunia, menjadi berkah dan penuh dengan kerahmatan.

Tema hadist di atas, berkaitan dengan Al-Qur’an. “Sesungguhnya jika kalian mensyukuri nikmat-Ku yang telah kuberikan kepada kalian pasti Aku akan menambahkannya bagi kalian. Sesunghuhnya jika kalian bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepsda kalian. (Ibrahim:7/wa/ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU