Kenali Penyebab Munculnya Uban di Usia Muda, Hati-Hati Akan Hal Ini

FAJAR Pendidikan

Kenali Penyebab Munculnya Uban di Usia Muda, Hati-Hati Akan Hal Ini, Uban sering kali muncul padahal usia masih terbilang muda, hal itu kadang membuat khawatir bagi anda karena merasa bwlum waktunya untuk beruban.

Uban sering diidentikkan dengan pertambahan usia. Padahal, rambut beruban juga bisa dijumpai pada orang-orang muda. Apa penyebabnya? Uban seolah menjadi penanda bahwa Anda sudah mulai menua. Padahal, orang yang masih muda sekalipun bisa ubanan, lho.

Selain itu, ada anggapan bahwa jika muncul uban di usia mudaartinya orang tersebut mudah marah atau sering stres. Benarkah demikian?

Berikut ini dilansir dari laman Klikdokter.com, beberapa penyebab rambut beruban di usia muda:

1. Kekurangan Vitamin Tertentu

Jika Anda tumbuh uban di usia muda, penyebabnya bisa jadi karena kekurangan vitamin. Ya, kekurangan vitamin B6, B12, biotin, vitamin D, atau vitamin E dapat memicu timbulnya uban lebih dini.

Hal itu dikemukakan oleh sebuah penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Trichology pada tahun 2016.

Hasil penelitian tersebut menemukan, kadar vitamin B12 dan kolesterol HDL (kolesterol “baik”) pada responden di bawah usia 25 tahun yang beruban cenderung lebih rendah.

Studi lain yang dilansir di jurnal Development menyebutkan, kekurangan vitamin D3 dan vitamin B12 dapat menyebabkan rambut beruban.

2. Genetik atau Faktor Keturunan

Penelitian di Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology pada tahun 2013 menyebutkan, uban yang muncul lebih dini dapat berkaitan dengan faktor genetik atau keturunan di keluarga. Selain itu, ras dan etnis tertentu juga bisa berperan.

Studi yang sama pada ras Kaukasian menemukan, kemunculan uban dapat dimulai dari usia 20 tahun. Sementara, pada ras Asia dimulai di usia 25 tahun, dan ras Afrika-America di usia 30 tahun.

BACA JUGA :   Institut Pencegahan Kanker, Memberi Urutan Sayur Terbesar Prosentasenya Sebagai Anti Kanker

3. Kondisi Medis Tertentu

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, gangguan fungsi tiroid juga bisa menyebabkan rambut beruban di usia muda.

Selain itu, kondisi vitiligo dapat menjadi penyebab rambut putih di usia muda karena kematian sel pigmen melanin yang berperan dalam pewarnaan rambut.

4. Stres

Banyak yang menganggap stres merupakan salah satu pemicu munculnya uban di usia muda.

Faktanya, penelitian yang dimuat di jurnal Nature Medicine menyebut bahwa sel yang bertugas untuk pewarnaan rambut dapat berkurang ketika Anda sedang stres.

Meski begitu, penelitian lain mengemukakan bahwa stres dapat menjadi salah satu faktor, hanya saja persentasenya kecil. Jadi, uban lebih sering disebabkan oleh faktor lainnya.

5. Kebiasaan Merokok

Merokok tak hanya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, kanker, stroke, ataupun hipertensi. Gaya hidup tidak sehat ini juga dapat memicu uban muncul lebih cepat.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Italian Dermatology Online Journal pada tahun 2013, perokok berisiko 2,5 kali lebih tinggi untuk ubanan sebelum usia 30 tahun dibandingkan mereka yang tidak merokok.

Studi lain yang dilansir oleh Journal of the American Academy of Dermatology pada tahun 2015 juga mendukung hal yang sama. Peneliti menyimpulkan, merokok bisa menyebabkan uban di usia muda, terutama pada pria.

6. Dampak Penggunaan Produk Penataan Rambut

Hati-hati! Produk pewarna rambut, sampo, dan produk rambut lainnya dapat menjadi penyebab rambut putih di usia muda.

Pasalnya, beberapa produk bisa saja mengandung bahan kimia berbahaya yang berisiko mengurangi produksi melanin.

Hidrogen peroksida yang banyak terdapat pada produk pewarnaan rambut, misalnya, merupakan salah satu bahan kimia yang dapat memicu timbulnya uban lebih dini bila digunakan secara berlebihan.

7. Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun juga bisa menyebabkan rambut putih prematur. Ini adalah saat sistem kekebalan tubuh menyerang selnya sendiri. Pada kasus alopesia dan vitiligo, sistem imun dapat menyerang rambut dan menyebabkan hilangnya pigmen.

BACA JUGA :   Daun Kenikir, Mampu Membunuh 98 % Sel Kanker Payudara

8. Neurofibromatosis

Neurofibromatosis merupakan kondisi bawaan sejak lahir. Kondisi ini menyebabkan tumor tumbuh di sepanjang saraf dan perkembangan tulang serta kulit yang tidak normal.

9. Paparan Radikal Bebas

Radikal bebas adalah molekul yang dapat mengganggu dan merusak fungsi membran sel, protein, dan gen pada tubuh. Kerusakan akibat paparan radikal bebas dikenal dengan istilah stres oksidatif.

Apabila Anda mengalami stres oksidatif, tubuh akan kehilangan keseimbangan untuk menjalankan fungsinya. Salah satu kondisi yang bisa terjadi akibat hal ini adalah munculnya tanda-tanda penuaan yang lebih cepat. Misalnya, rambut beruban di usia muda.

10. Polusi

Tinggal dan beraktivitas di tempat yang penuh dengan polusi membuat tubuh Anda sering terpapar dengan zat-zat beracun. Zat tersebut dapat bereaksi dengan tubuh dan menghasilkan senyawa radikal bebas.

Apabila kadar antioksidan pada tubuh cenderung rendah, radikal bebas dapat dengan leluasa menyebabkan banyak gangguan pada fungsi tubuh. Hal ini bisa memicu proses penuaan yang lebih cepat, sehingga Anda pun lebih berisiko mengalami penuaan dini.

11. Hormon

Hormon memiliki peran yang penting bagi tubuh manusia. Saat menginjak usia 30-an, hormon di dalam tubuh Anda mulai mengalami perubahan sedikit demi sedikit. Hal tersebut turut memengaruhi berbagai kondisi tubuh, tak terkecuali rambut.

Akibat perubahan hormon, tekstur rambut bisa berkurang. Begitu juga dengan warna alami rambut yang bisa semakin tampak putih seiring berjalannya waktu.

Meski tidak berbahaya, kemunculan uban di usia muda tentu dapat mengurangi tingkat kepercayaan diri. Oleh karena itu, perhatikan dan waspadai penyebab timbulnya uban di usia dini.

_____

Sumber :Klikdokter.com

VIDEO:

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI