Beasiswa S1 Korea Selatan dari Global Korea Scholarship (GKS)

Bagi kamu siswa SMA/SMK sederajat yang ingin melanjutkan kuliah S1 ke Korea Selatan, Pemerintah Korea Selatan kini tengah membuka program beasiswa Korea Selatan, yakni Global Korea Scholarship (GKS) 2022.

FAJAR Pendidikan

Beasiswa GKS dirancang untuk memberikan kesempatan kepada siswa internasional untuk belajar di lembaga pendidikan tinggi di Korea dalam mengejar gelar akademik, yang akan meningkatkan pertukaran pendidikan internasional dan memperdalam persahabatan timbal balik antara Korea dan berpartisipasi negara.

Ada dua jalur pendaftaran beasiswa GKS, pelamar hanya boleh mendaftar dari salah satu jalur, yaitu:

1. Jalur Universitas: Pelamar harus lolos tahap seleksi pertama yang ditetapkan oleh universitas yang ditunjuk.

2. Jalur Kedutaan Besar Korea: Serupa seperti jalur Universitas, setiap pelamar harus berhasil melalui proses seleksi pertama yang ditetapkan oleh Kedutaan Besar Korea di negara asalnya.

Cakupan beasiswa

1. Biaya pendidikan.
2. Tunjangan tempat tinggal 200.000 KRW atau sekitar Rp 2,3 juta (diberikan satu kali di Korea).
3. Biaya hidup 900.000 KRW atau sekitar Rp 10,8 juta per bulan.
4. Hibah Kemampuan Bahasa Korea senilai 100.000 KRW atau sekitar Rp 1,2 juta apabila pelamar memiliki skor TOPIK (Test of Proficiency in Korean) level 5 atau 6.
5. Hibah penyelesaian beasiswa senilai 100,000 KRW atau sekitar Rp 1,2 juta bagi yang berhasil menyelesaikan perkuliahan.
6. Asuransi kesehatan.
7. Biaya kursus bahasa Korea.
8. Tiket pesawat PP kelas ekonomi di awal dan akhir masa studi.

Syarat umum

1. Kebangsaan:

Calon mahasiswa merupakan warga negara dari negara yang diundang dalam beasiswa GKS, Indonesia salah satunya. Peserta ataupun orang tua bukan merupakan warga negara Korea Selatan.

BACA JUGA :   Segera Daftar! Ini 7 Beasiswa Penuh S1-S3 2022

2. Level Pendidikan:

Calon mahasiswa yang merupakan lulusan SMA sederajat dapat mendaftar program Bachelor’s Degree (S1) atau program Associate Degree (Diploma).
Lulusan setara Diploma hanya dapat mendaftar program Bachelor’s Degree (S1).

3. Nilai:

Memiliki nilai rata-rata kumulatif di atas 80 (skala 100) atau berada dalam peringkat 20 persen teratas dalam satu kelas, atau Mempunyai CGPA (Cumulative Grade Point Average): 2.64/4.0, 2.80/4.3, 2.91/4.5, 3.23/5.0.

Apabila transkrip nilai peserta tidak mencantumkan informasi mengenai CGPA atau tidak dapat mengonversi nilainya pada salah satu skala GPA (skala 4.0, 4.3, 4.5, 5.0, atau 100), peserta juga wajib melampirkan dokumen tambahan dari pihak sekolah berisi penjelasan sistem penilaian yang digunakan.

4. Usia:
Berusia tidak lebih dari 25 tahun (lahir setelah 1 Maret 1997).

5. Kesehatan:
Memiliki kondisi kesehatan yang baik, baik jasmani maupun rohani, untuk menempuh studi di Korea Selatan.

6. Larangan:

  • Peserta yang merupakan lulusan sekolah menengah di Korea atau telah mendapatkan gelar S1 sebelumnya tidak dapat mendaftar program beasiswa ini. Namun, bagi peserta yang sebelumnya pernah melakukan pertukaran pelajar atau kunjungan studi di universitas Korea bisa mendaftar.
  • Peserta yang sebelumnya pernah mendapatkan beasiswa program gelar dari salah satu beasiswa Pemerintah Korea Selatan tidak dapat mendaftar beasiswa ini.
  • Peserta hanya dapat memilih salah satu jalur pendaftaran (University Track atau Embassy Track), tidak diperbolehkan keduanya. Apabila ketahuan mendaftar pada kedua jalur pendaftaran, berkas pendaftarannya akan diabaikan pada tahapan seleksi kedua.
  • Peserta yang pernah mengundurkan diri setelah dipilih menjadi penerima beasiswa GKS (KGSP) sebelumnya ataupun yang pernah didiskualifikasi selama masa penerimaan beasiswa GKS sebelumnya tidak dapat mendaftar kembali beasiswa ini.
BACA JUGA :   Segera Daftar! Ini 7 Beasiswa Penuh S1-S3 2022

Syarat dokumen

Selain itu, pelamar juga harus menyiapkan beberapa dokumen wajib dan optional. Di bawah ini Kompas.com merangkum daftar dokumen yang wajib dipersiapkan:

  • Formulir pelamar.
  • Pernyataan pribadi.
  • Rencana studi.
  • Dua surat rekomendasi.
  • Perjanjian pemohon GKS.
  • Penilaian medis pribadi.
  • Sertifikat kelulusan sekolah menengah (atau diharapkan sertifikat kelulusan).
  • Transkrip nilai dari sekolah.
  • Dokumen kewarganegaraan pelamar (akta kelahiran atau kartu keluarga).
  • Dokumen bukti kewarganegaraan orangtua pelamar beasiswa.
  • Perbedaan jalur pendaftaran

Pendaftaran

Setiap jalur pendaftaran beasiswa GKS 2022 memiliki tenggat waktu aplikasi, dokumen yang diperlukan, wawancara, dan lain-lain yang berbeda.

Maka dari itu, GKS 2022 mengharuskan pelamar untuk menghubungi kedutaan atau universitas.

Pasalnya, batas waktu pengajuan aplikasi beasiswa bisa berbeda pada setiap kedutaan ataupun universitas untuk seleksi pertama. Akan tetapi, diharapkan selesai pada 1 Oktober 2022.

Untuk melihat informasi lebih detail mengenai beasiswa GKS, masyarakat dapat mengakses dan mengunduh dokumen dari GKS melalui situs resmi https://www.studyinkorea.go.kr/in/main.do

Bagikan:

REKOMENDASI UNTUK ANDA