- Advertisement -

[BEASISWA TERBARU] Segera Dibuka! Beasiswa ADik untuk Murid 3T Hingga Anak TKI

Kabar baik untuk para murid dari Papua, daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal (3T) serta anak-anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi membuka beasiswa afirmasi pendidikan tinggi (ADik).
Program beasiswa ADik ini juga diberikan kepada siswa dan siswi difabel.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Program ADik ini memberikan kesempatan belajar di pendidikan tinggi kepada mahasiswa yang mengalami kesulitan dan keterjangkauan akses pendidikan karena kondisi dan keberadaannya,” kata Subkoordinator ADik Puslapdik Ruknan, dilansir dari laman Puslapdik Kemdikbud, Selasa (22/3/2022).

Kuota beasiswa ADik 2022 yaitu sebesar 400 orang untuk siswa Papua Barat dan daerah 3T, 500 orang untuk provinsi Papua, anak TKI sebanyak 100 orang, dan siswa difabel sebanyak 200 orang.

BACA JUGA:  Beasiswa Sinar Mas 2023,  Dibiayai Penuh Selama Kuliah

Persyaratan Beasiswa

  1. Merupakan orang asli Papua (OAP) yang sesuai dengan UU Nomor 21 Tahun 2002 tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Papua dan Papua Barat.
  2. Untuk mahasiswa berdasarkan Pedoman Penetapan Daerah Khusus dalam Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Nasional yang ditetapkan Kementerian atau anak keluarga TKI dari wilayah perbatasan.
  3. Harus lulusan berjalan yaitu tahun 2022 atau tahun 2021.
  4. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
  5. Sekolahnya memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).
  6. Nilai rapor calon pendaftar rata-rata 75 untuk enam mata pelajaran yang sesuai dengan jurusan untuk calon peserta seleksi.
  7. Calon penerima harus dinyatakan lulus seleksi pada semua jalur penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pada Program studi yang telah terakreditasi A, B atau C atau lulus tes seleksi ADik.
  8. Calon penerima dari daerah Papua dan Papua Barat harus memilih perguruan tinggi di luar provinsi Papua dan Papua Barat.
  9. Untuk calon penerima daerah 3T dan TKI dapat memilih perguruan tinggi di dalam maupun di luar provinsi.
BACA JUGA:  Beasiswa Universitas Sains dan Teknologi King Abdullah (KAUST) Arab Saudi
-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Komponen Beasiswa ADik

  1. Bebas biaya kuliah
  2. Bantuan biaya hidup setiap bulan
  3. Biaya transportasi perjalanan dari daerah asal ke lokasi perguruan tinggi yang menerimanya

Beasiswa ADik akan dibuka pada tanggal 1 April 2022 – 2 Mei 2022. Jangan lupa untuk menghubungi Dinas Pendidikan tempat tinggal kalian!

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: