Rabu, Januari 27, 2021

Begini Tips Belajar Online Dengan Efektif di Masa Pandemi

Akibat pendemi covid 19 sudah beberapa bulan ini, demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19, sekolah dan kampus ditutup, karenanya baik pelajar maupun mahasiswa harus belajar dari rumah. Kondisi ini tentu tidak mudah dilalui dan berisiko memunculkan berbagai tantangan baru dalam proses belajar mengajar.

Berbagai gangguan dan godaan seperti keinginan untuk mengakses media sosial, menonton televisi, bermain game, dan bermalas-malasan membuat pembelajaran menjadi sangat tidak efektif. Nih ada beberapa tips agar pembelajaran online menjadi lebih efektif

Belajar dengan serius

Sangat penting bagi pelajar untuk berusaha fokus dan konsisten selama waktu pembelajaran yang telah di tentukan. Hindari gangguan yang ada, jika perlu sediakan ruangan khusus untuk belajar.

Mengatur manajemen waktu

Mengatur Waktu (Foto: Int)

Mengatur waktu belajar secara teratur dan tidak mengerjakan tugas yang di berikan di menit-menit terakhir, biasakan diri mengerjakan tugas di awal-awal waktu agar tugas tidak menumpuk.

Mencatat materi yang di berikan

Mencatat (FOTO/Int)

Ketika pelajaran sedang berlangsung kita sebaiknya mencatat materi yang di berikan agar bisa di review lagi nantinya, dan materi yang di berikan juga dapat lebih lama di ingat di bandingkan hanya mendengarkan di kelas online saja.

Diskusi

Diskusi (FOTO/Int)

Belajar di rumah sangat perlu diskusi agar kita dapat mengetahui sampai dimana pemahaman kita terhadap materi yang di berikan, diskusi dapat di lakukan bersama teman-teman secara online baik melalui chat hingga video call.

Pastikan koneksi internet bagus

Koneksi Internet (Foto/INT)

Yang paling utama dalam belajar online adalah koneksi internet, pastikan koneksi internet stabil sebelum memulai kelas online agar pembelajaran berjalan dengan lancar.

Mereview kembali materi yang di berikan

Review Materi (Foto/INT)

Sediakan waktu luang untuk mereview kembali materi yang telah di berikan agar tidak hanya di pelajari sekali saja, ini dapat membantu kita untuk lebih lama mengingat materi-materi yang telah di berikan.

Mencari referensi-referensi dari luar

Mencari Referensi (FOTO/Int)

Mencari referensi dari luar sangat penting di masa pendemi ini agar tidak hanya bergantung pada kelas online saja, mencari referensi-referensi dapat melalui beberapa sumber agar pengetahuan dan wawasan dapat lebih bertambah. (Dewi Indah Sari)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Bupati Barru, Suardi Saleh Amanahkan 165 CPNS Bekerja Melayani Masyarakat

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Rekrutmen adalah landasan paling dasar dalam pengembangan sumber daya manusia untuk menyokong organisasi yang penuh harapan.

Supir Pribadi Bupati Barru Rapid Tes Antigen, Keluarga Antisipasi

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id— Amir sopir pribadi bupati Barru Suardi Saleh sempat mengalami demam tinggi. Suardi kemudian meminta ke Amir untuk dilakukan rapid tes...

Nadiem Makarim Tanggapi Kasus Intoleransi Siswi SMK di Padang

FAJARPENDIDIKAN.co.id –Baru-baru in kita di hebohkan dengan kasus yang terjadi pada seorang siswi non muslim di SMK Negeri 2 Padang yang dipaksa berhijab....

Menjelang Konfercab PWI, Nurhayana Kamar Daftar Calon Ketua PWI Sulsel

Makassar, FAJARPENDIDIKANco.id - Persatuan Wartawan Indonesia Sulawesi Selatan (PWI Sulsel) akan melaksanakan Konferensi Cabang (Konfercab) periode 2021-2026 yang akan dilaksanakan pada...

Mahasiswa PBL 2 FKM Unhas Posko 15 Bagikan Masker Kain Gratis ke Warga

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Mahasiswa Posko 15 Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM Unhas) melakukan pengabdian masyarakat berupa pembagian masker kain dan stiker himbauan memakai masker...

REKOMENDASI