ADV A1

Profil Bilqis Prasista, Tunggal Putri Indonesia pada Uber Cup 2022

FAJAR Pendidikan

Atlet tunggal putri Indonesia, Bilqis Prasista, berhasil memberikan kejutan di gelaran Piala Thomas dan Uber 2022 pada Rabu (11/5/2022) kemarin.

Dalam pertandingan yang diselenggarakan di Impact Arena, Bangkok, Thailand itu, Bilqis menang dari tunggal putri nomor satu dunia asal Jepang, Akane Yamaguchi, dengan dua gim langsung.

Bilqis Prasista berhasil tampil percaya diri dan memberikan perlawanan terbaiknya meskipun sempat tertinggal dari Akane dengan skor 9-11.

Akan tetapi, ketenangannya membawa Bilqis mampu mengungguli Akane hingga bisa memenangkan pertandingan dengan skor 21-19.

Siapakah sosok Bilqis Prasista yang berhasil mengalahkan tunggal putri nomor satu dunia itu?

Lahir di Magelang, Jawa Tengah pada 24 Mei 2003, Bilqis ternyata merupakan anak dari pasangan legenda bulu tangkis Indonesia, yakni Joko Suprianto dan Zelin Resiana.

Untuk diketahui, Joko Suprianto merupakan seorang legenda bulu tangkis Indonesia di sektor tunggal putra, bahkan sosoknya pernah menyabet gelar Juara Dunia pada tahun 1993 silam.

BACA JUGA :   Jadwal Final Badminton Sea Games 2022, Indonesia Vs Thailand

Ibu Bilqis, dikutip dari Kompas.com, Zelin Resiana juga pernah memperoleh trofi Piala Uber pada tahun 1994 dan 1996 ketika bermain di sektor ganda.

Atlet baru di Pelatnas

Bilqis Prasista sendiri bisa dikatakan merupakan atlet baru di pelatnas PBSI di Cipayung.

Pasalnya, atlet yang berasal dari klub PB Djarum itu baru bergabung dengan pelatnas dua tahun belakangan, tepatnya sejak tahun 2020.

Kendati demikian, Bilqis berhasil membuktikan kemampuannya dalam bermain bulu tangkis lewat berbagai prestasi yang ditorehkannya.

Tak butuh waktu lama bagi Bilqis untuk ikut serta dalam mengharumkan nama Indonesia di tingkat internasional.

Pada Februari 2022 lalu, Bilqis Prasista pun turut bermain mewakili Indonesia di Badminton Asia Team Championship (BATC) yang digelar di Malaysia.

BACA JUGA :   Hasil Thomas Cup : Ginting Kalah dari Sen, India Memimpin Skor 0-1

Terbaru, bulan Mei 2022 ini, atlet berusia 19 tahun itu debut di ajang Piala Uber yang diadakan di Bangkok, Thailand.

Debutnya di ajang Piala Uber pun berakhir manis dan mengejutkan. Sebelum berhasil melawan Akane Yamaguchi, Bilqis telah terlebih dahulu mengalahkan wakil Perancis.

Pada pertandingan yang digelar Minggu (8/5/2022), Bilqis menang atas Yaelle Hoyaux, 17-21, 21-14, dan 21-18.

Sebelum bergabung dengan pelatnas PBSI, Bilqis juga sudah pernah mencetak sejumlah prestasi di tingkat junior.

Mulai dari juara Bangladesh Junior International Series 2021, juara Jakarta Junior International Series 2019, dan Semifinalis Badminton Asia Junior Championship 2019.

Demikian profil Bilqis Prasista, tunggal putri Indonesia yang berhasil mengalahkan peringkat satu dunia.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI