Kepala BPS Kabupaten Bone, Muh Yunus. Foto: Abustan

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bone membidik mahasiswa dan pelajar untuk menjadi agen dalam menyukseskan Sensus Penduduk (SP) secara online tahun 2020 ini.

Hal tersebut diungkapkan Kepala BPS Kabupaten Bone Muh Yunus di Kantor BPS Bone Jl Dr Wahidin Sudirohusodo, Watampone.

“Kita juga akan masuk sosialisasi di sekolah-sekolah dan kampus untuk menyukseskan sensus online ini. Kaum milenial memang jadi target sensus online ini,”ungkap Muh Yunus kepada FAJAR PENDIDIKAN, Selasa (21/1/2020).

Menurut mantan Kepala BPS Pinrang itu, mahasiswa dan pelajar adalah kalangan terdidik yang bisa menjadi target dan agen sosialisasi yang baik. Terlebih, sistem online dapat dilakukan dimana saja, selama ada HP android dan jaringan.

Adapun SP Online, disebutnya akan digelar serentak dipertengahan Februari Tahun 2020 ini. Selain SP Online, sistem offline juga tetap dijalankan pada Juli mendatang.

Baca Juga :   Sukses Pelaksanaan, Sukses Prestasi Warnai Penutupan Porseni PGRI di Barru

Diketahui, manfaat data SP 2020 sangat diperlukan sebagai dasar perencanaan pembangunan sampai wilayah terkecil. Berbagai bantuan dari pemerintah untuk masyarakat pun juga memerlukan data kependudukan yang dihasilkan.

Adapun informasi yang dikumpulkan antara lain, jenis kelamin, status perkawinan, tempat dan tanggal lahir serta ketersediaan akta kelahiran, kewarganegaraan, suku bangsa, agama, tingkat pendidikan, pekerjaan, serta karakteristik perumahan.

BPS tiap sepuluh tahun sekali ini, untuk mencatat seluruh penduduk Indonesia tanpa terkecuali. BPS telah melaksanakan SP sejak tahun 1960 dan SP tahun 2020 adalah SP yang ke tujuh.

Reporter: Abustan