Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan, Prof Sukri Palutturi, SKM., MKes., MSc PH, PhD (keempat dari kanan) bersama dengan panitia BSLT dan pengurus BEM FKM Unhas.[Foto:/Ist]
Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan, Prof Sukri Palutturi, SKM., MKes., MSc PH, PhD (keempat dari kanan) bersama dengan panitia BSLT dan pengurus BEM FKM Unhas.[Foto:/Ist]

Makassar, FajarPendidikan.co.id – Basic Student Leadership Training (BSLT) bagi mahasiswa baru angkatan 2018 yang dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas) ditutup oleh Dekan FKM Unhas yang diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan, Prof Sukri Palutturi, SKM., MKes., MSc PH, PhD.

Kegiatan BSLT tersebut dilaksanakan pada hari Jumat sampai Minggu, 14-16 Desember 2018. Tema BSLT  tahun ini adalah “Intensifikasi Kapabilitas, Meretas Peliknya Fenomena Kesmas”. BSLT merupakan tahap terakhir pengkaderan ditubuh KM FKM Unhas yang diikuti oleh 227 peserta. Kegiatan ini berlangsung di Balai Besar Pelatihan Kesehatan Makassar yang berlokasi di jalan Antang Raya Makassar.

Aryangga Pratama selaku Presiden BEM FKM Unhas menjelaskan, tujuan dari BSLT adalah untuk meningkatkan sikap kepemimpinan peserta, penguatan wacana dalam melihat realitas sosial yang ada serta melatih peserta untuk turut menyikapi fenomena.

Baca Juga :   Jawab Tantangan Pemerintah, Unhas Launching Prodi Vokasi D3 Kesehatan Terpadu

Adapun materi dan pemateri yang dihadirkan dalam kegiatan ini adalah para aktivis pada masanya yaitu materi Filosofi Pemimipin oleh Muhammad Ruslan, SKM; Wajah Kampus Hari Ini oleh Nurfadillah, SKM; Gerakan Mahasiswa Kesmas oleh Batari Dwi Ramadhani, SKM; materi Bedah Film oleh Jordan Tirto Sumule; materi Konstitusi oleh Wilda Amrah.

Materi lainnya adalah tentang Persidangan oleh Ain Widyani Surgawi; Kesekretariatan oleh Nurul Novi Pratiwi dan Tafsir Tujuan oleh Aryangga Pratama.

Aryangga berharap para  mahasiswa baru dapat memahami dan mengimplementasikan setiap materi yang telah diberikan. (FP)