Bupati Barru Buka Musrenbang Penyusunan Dokumen RPJPD Tahun 2025-2045

BARRU – Bupati Barru, Ir. H. Suardi Saleh, M.Si, membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk Penyusunan Dokumen RPJPD Kabupaten Barru Tahun 2025-2045 di lantai 6 MPP Kantor Bupati Barru pada Rabu (15/5/2024).

Dalam sambutannya, Suardi Saleh menyampaikan bahwa penyusunan Dokumen RPJPD ini telah melalui beberapa tahapan, termasuk Konsultasi Publik, Pembahasan Bersama DPRD Kabupaten Barru, serta Fasilitasi oleh Bappelitbangda Provinsi Sulawesi Selatan. Selain itu, dokumen ini dirumuskan dan dianalisis oleh Tim Penyusun bersama Tenaga Ahli Perencanaan.

Bupati Suardi Saleh menjelaskan bahwa visi “Kabupaten Barru Maju Berkelanjutan Berbasis Ekonomi Biru” harus selaras dengan Rancangan Akhir Rencana RPJPN dan Dokumen Rancangan Akhir RPJPD Provinsi Sulawesi Selatan. Kata “Maju” menjadi harapan agar Kabupaten Barru bisa mencapai posisi kelompok sepuluh besar ekonomi di Sulawesi Selatan.

- Iklan -
Baca Juga:  Gerakan Pangan Murah Jadi Solusi Warga Barru

Selanjutnya, Suardi menekankan pentingnya konsep “Berkelanjutan” agar prinsip pembangunan berkelanjutan dapat diterapkan selama 20 tahun ke depan. Konsep “Berbasis Ekonomi Biru” muncul sebagai arahan pembangunan nasional dan menjadi karakteristik Kabupaten Barru, yang memiliki potensi besar berdasarkan indikator Ekonomi Biru.

Suardi berharap visi tersebut dapat menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, meningkatkan penyerapan tenaga kerja, dan meningkatkan pendapatan daerah, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Di akhir sambutannya, Suardi meminta masukan dan saran dari para peserta untuk mempertajam arah pembangunan Kabupaten Barru selama 20 tahun ke depan. Dokumen RPJPD ini juga akan menjadi acuan bagi calon kepala daerah tahun 2024 dalam menyusun visi, misi, dan program prioritas yang akan dituangkan dalam Dokumen RPJMD 2025-2029, bagian dari periode RPJPD Kabupaten Barru Tahun 2025-2045.

- Iklan -
Baca Juga:  Oknum LSM Kerap Minta Sumbangan ke Sekolah

Acara ini dihadiri oleh perwakilan Pj. Gubernur Sulawesi Selatan, Ketua, Wakil Ketua, dan Anggota DPRD Kabupaten Barru, Kepala Bappelitbangda Provinsi Sulawesi Selatan, narasumber ahli Dr. Agussalim, M.Si, unsur Forkopimda Kabupaten Barru, Bupati Kabupaten/Kota tetangga, Plt. Kepala Bappelitbangda Kabupaten Barru, para staf ahli, asisten, pimpinan OPD Kabupaten Barru, kepala unit kerja instansi vertikal dan Provinsi Sulawesi Selatan, para Kabag Setda Barru, camat se-Kabupaten Barru, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pendidikan, tokoh perempuan, akademisi, perbankan, BUMN, BUMD, organisasi profesi, BAZNAS, LSM, wartawan, dan NGO (Usaid Tangguh, Usaid Erat).

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU