ADV A1

Cara Membuat Air Nabeez, Minuman Kesukaan Rasulullah SAW dan Manfaatnya

FAJAR Pendidikan

Tahukah Anda minuman kesukaan Rasulullah SAW? Minuman tersebut adalah air nabeez. Biasanya, Rasulullah SAW merendam kurma atau kismis di dalam wadah tertutup selama 12 jam. Kemudian, airnya diminum dan buah kurma yang sudah lembut langsung ditelan tanpa mengunyah terlebih dahulu.

Air nabeez adalah air rendaman kurma atau kismis. Kurma atau kismis dimasukkan ke dalam wadah tertutup yang sudah berisi air masak dan direndam semalaman untuk diminum keesokan paginya.

Pada dasarnya, air nabeez ini sama seperti infused water kekinian. Bedanya, bahan yang diambil sarinya bukan buah-buahan segar, seperti strawbery atau lemon, melainkan kurma. Manfaatnya berasal dari nutrisi yang terkandung di dalam kurma. Buah ini dikenal kaya akan beragam nutrisi, seperti serat, protein, karbohidrat, gula, kalium, kalsium, fosfor, magnesium, tembaga, zat besi, dan antioksidan.

Beragam Manfaat

Tak hanya menyegarkan, minuman ini juga menyehatkan. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya untuk kesehatan tubuh:

1. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Selain air putih, air nabeez dapat digunakan sebagai alternatif untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi. Tak hanya itu, air nabeez juga lebih menyehatkan daripada jenis minuman manis lainnya, seperti teh manis, soda, atau jus kemasan.

BACA JUGA :   3 Pilihan Olahraga Praktis Tanpa Peralatan Olahraga, Jaga Badan Tetap Fit

2. Tingkatkan Energi

Kurma mengandung karbohidrat dan gula yang merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Hal ini menjadikan air nabeez baik dikonsumsi untuk mengatasi rasa lelah, baik setelah berolahraga atau menderita kondisi tertentu yang membuat Anda membutuhkan asupan energi lebih banyak.

3. Lancarkan Pencernaan

Saat tubuh kekurangan cairan, kotoran akan menjadi lebih keras dan lebih sulit dikeluarkan. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa dehidrasi bisa menyebabkan sembelit. Air nabeez bisa menjadi pilihan untuk mengatasi keluhan sembelit yang Anda alami. Minuman ini bekerja dengan dua cara, yaitu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan memberikan asupan serat yang dapat melancarkan pencernaan.

4. Kontrol Gula Darah

Meski memiliki rasa yang manis, tetapi kurma tidak menyebabkan peningkatan gula darah. Buah ini justru dapat menjaga gula darah tetap stabil karena memiliki indeks glikemik yang rendah. Hal tersebut menjadikan air nabeez baik dikonsumsi sebagai altenatif bagi Anda yang ingin membatasi asupan gula.

  1. Cegah Penyakit

Selain menjaga kadar gula darah tetap normal, kurma diketahui dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) sehingga baik untuk kesehatan jantung. Tak hanya itu, kurma juga mengandung banyak antioksidan, seperti flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik. Kandungan tersebut juga bisa mengurangi peradangan dan menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit, mulai dari diabetes, degenerasi makula, hingga kanker.

BACA JUGA :   Cara Sederhana Mengatasi Telinga Tersumbat, Gunakan Ini!

Membuat Air Nabeez:

  1. Alat dan bahan:
  • Ambil beberapa butir kurma atau kismis, sebaiknya dalam jumlah ganjil
  • Siapkan wadah atau gelas tertutup
  • Siapkan juga air putih matang
  1. Cara membuat:
  • Tuangkan air matang ke dalam wadah
  • Masukkan kurma yang sudah dibuang bijinya dan carik-carik isi kurma
  • Tutup wadah yang sudah dimasukkan kurma
  • Diamkan selama 8-12 jam
  • Air nabeez siap dinikmati

Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membuat air nabeez. Hindari merendam kurma di suhu ruangan, karena bisa membuat air hasil rendaman kurma sebagai media pertumbuhan kuman. Di samping itu, Anda juga disarankan untuk tidak merendamnya lebih dari 1 hari, karena kurma yang direndam terlalu lama dapat mengalami pembusukan.

Air nabeez merupakan minuman yang menyehatkan, asalkan dibuat dengan cara yang benar dan higienis. Jika Anda mengalami keluhan tertentu setelah mengonsumsi air nabeez, seperti diare, mulas, atau sakit perut, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan. (*)

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI