Jumat, Oktober 22, 2021

Dear Siswa, Ini Cara Menghafalkan Tabel Periodik dengan Mudah

Rumusnya yang banyak dan istilah kimia yang sulit mungkin saja membuat kamu susah mengingatnya, sehingga perlu usaha atau effort tertentu untuk menghafalnya.

spot_imgspot_img

Jika kamu bisa menghafal tabel periodik maka akan sangat membantu memahami rumus kimia dengan mudah atau bahkan bisa menyelesaikan soal-soal kimia dengan cepat dan mudah. Jadi tidak ada ruginya menghafalkan tabel periodik kimia karena dapat mempermudah kamu memahami rumus kimia tanpa ribet memeriksanya lagi di buku atau media lain untuk memeriksanya. Berikut ini beberapa cara menghafalkan tabel periodik kimia yang mudah:

1. Cetak Beberapa Lembar Tabel Periodik

Cetaklah beberapa lembar tabel periodik yang kemudian bisa dibawa kemanapun kamu pergi. Kalau bisa jangan cetak hanya satu, supaya nanti kamu bisa corat-coret atan mewarnai tabel periodik kimia agar lebih mudah menghafal. Lembar sisanya bisa digunakan untuk mengulas kembali apa saja yang sudah Grameds pelajari pada lembar tabel periodik yang pertama.

Cara ini perlu dilakukan secara berulang yang lebih mudah dan cepat dalam menghafalnya. Jika kamu merasa visual dan kinestetis maka bisa membuat tabel periodiknya sendiri. Cara ini juga akan semakin membuat Grameds lebih mudah paham dengan alur tabel dan merasa familiar dengan unsur-unsur yang ada di dalamnya.

2. Buatlah Pengelompokan Unsur-Unsur Secara Lebih Spesifik

Tabel periodik kimia biasanya sudah dikelompokkan berdasarkan warna untuk setiap kategorinya. Nah, jika menurut Grameds cara ini membantu maka kamu bisa membuat pengelompokan baru berdasarkan baris, kolom, berat atom, atau kategori apa saja yang menurut kamu paling mudah menghafalkannya. Jadi cara ini bisa menyesuaikan dengan kemampuan dan minat kamu mau menghafalkan mulai dari kategori yang mana.

3. Gunakan Waktu Senggang Untuk Mengingat-ingat

Setelah sudah melakukan upaya-upaya di atas, maka waktunya untuk membiasakan diri dengan tabel periodik kimia. Hal diatas akan percuma jika tidak dilakukan secara konsisten bahkan bisa tidak berguna sama sekali. Jadi luangkan waktu barang sebentar untuk kembali menengok lembaran tabel periodik atau mengingat-ingat konsep hafalan yang sudah kamu buat.

Itulah sebabnya Anda perlu pengingat atau membawa perangkat tabel periodik ini ke mana saja, sehingga jika ada waktu luang bisa mengingat-ingatnya. kamu bisa mencoba mengingat dari bentuknya, polanya, unsurnya, dan mulai berkonsentrasilah pada unsur-unsur mana saja yang sulit diingat.

4. Kaitkan Unsur Lain Dengan Hal Lain Yang Bersifat Umum

kamu bisa menghafal tabel periodik kimia dengan menggunakan rangkaian kata lucu, contohnya Hari Libur Nanti Kita Rombongan Cus ke Francis untuk membentuk rumus kimia HLN RCF.

Kamu bisa menggunakan cara ini atau hal-hal lain yang lebih mengena dan mudah diingat. Contoh lainnya menggunakan kata Argentina untuk menghafal unsur perak, yakni Ag.

5. Menghafal dengan Lirik Lagu

Kamu bisa mengikuti cara Daniel Radcliffe yang menggunakan lagu untuk menghafalkan unsur-unsur kimia.

Cara ini bisa jadi menyenangkan karena bisa menggunakan lagu yang kita sukai sehingga lebih mudah di hafal. Bahkan sudah banyak referensi lirik lagu yang digunakan untuk menghafal tabel periodik di internet, kamu bisa mengaksesnya. Ada pula versi karaokenya jika kamu lebih suka gaya ini.

6. Ketahui Lama Latinnya

Lambang ada tabel periodik hampir semuanya adalah istilah bahasa Inggris, kecuali 10 lambang yang berasal dari singkatan nama latinnya dan 1 unsur (wolfram) dari bahasa jerman.

Jadi, mengetahui nama latinnya dari unsur tertentu dapat membantu kamu untuk menguraikan nama latin dari beberapa unsur kimia anorganik. Perlu kamu ketahui bahwa mayorita akar bahasa romantik (Perancis, Italia, Spanyol, dll) berasal dari bahasa latin.

7. Perhatikan Perbedaan Antar Unsur

Kamu bisa memperhatikan unsur-unsur pembeda agar lebih mudah menghafalkannya, yakni melihat lambang unsur yang terdiri dari satu huruf, dua, dan tiga huruf.

Lambang unsur yang paling banyak ada menggunakan dua huruf, kamu bisa memulai menghafalkannya dari unsur pembeda ini menggunakan dua huruf. Sisanya bisa menyesuaikan karena beberapa unsur yang menggunakan lambang 3 huruf sangat sedikit dan kemungkinan lambang lambang ini akan berubah lagi.

8. Gunakan Kartu-Kartu Gambar

Menggunakan kartu kartu gambar mungkin sedikit ribet dan perlu effort lebih, namun cara ini dapat efektif kamu gunakan untuk menghafalkan tabel periodik kimia dengan mudah dan menyenangkan. Kamu bahkan bisa merasa sedang menghafalkan atau belajar kimia dengan serius melainkan seperti sedang bermain games saja.

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI