- Advertisement -

Dema UIN Alauddin Gelar IYES Goes to Campus 2020 Bahas UMKM di Masa New Normal

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) UIN Alauddin Makassar mengadakan kegiatan Indonesian Young Enterpreneur Summit (IYES) Goes To Campus 2020 dengan tema “Strategi Nasional Pembangunan UMKM di Masa New Normal; solusi Berkelanjutan dan Upaya Pemulihan”.

IYES Goes To Campus 2020 tersebut menghadirkan beberapa tokoh Nasional seperti, Sandiaga Uno, Kamrussamad (Anggota Komisi XI DPR RI), Achmad Dirgantara (Kepala Incubator Program BEI), dan dua Narasumber local yakni Andi Rahmat Manggabarani (Ketua BPD HIPMI Sul-Sel) dan perwakilan kampus Dr. M. Wahyuding Abdullah selaku Wakil Dekan 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UINAM, dan dipandu oleh Muhammad Yusuf (Owner Kopi Tiro Padang) selaku Moderator. Sabtu, 5 September 2020 .

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Presiden Mahasiswa UIN Alauddin Makassar Ahmad Aidil Fahri mengatakan bahwa UMKM menjadi sektor yang terkena dampak cukup besar ketika pandemi COVID-19.

BACA JUGA:  Rektor Unibos Kunjungi Pemda Barru, Bahas Kerja Sama dan Peluang Kuliah S2

“Tak sedikit yang kolaps atau gulung tikar, sehingga banyak orang kehilangan banyak pendapatan. Namun, di era New Normal, ekonomi dan terutama UMKM perlahan bangkit dan mulai gencar mencari strategi baru dalam upaya bertahan, untuk itulah kegiatan ini hadir sebagai wadah diskusi untuk mencari solusi bersama,” terang Ahmad Aidil.

Selain itu, Wakil Rektor III UIN Alauddin Makassar Prof. Dr. Darussalam Syamsuddin dalam sambutannya sangat mengapreasiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh DEMA UIN Alauddin Makassar dengan mengangkat tema sangat soluktif.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Sekarang kita sudah masuk di era New Normal dan UMKM adalah salah-satu hal yang perlu untuk dibahas dan apresiasi kepada DEMA UIN Alauddin Makassar yang telah membahas UMKM dalam sebuah kegiatan dialog,” jelas Darussalam.

Sementara itu, Kamrussamad (Anggota Komisi XI DPR RI) dalam pemaparan materinya menjelaskan, beberapa strategi yang dilakukan UMKM untuk tetap bertahan selama pandemi adalah dengan memberikan stimulus pada sisi permintaan, mendorong platform online untuk memperluas kemitraan UMKM, mencari pasar baru dan memberikan potongan harga.

BACA JUGA:  Rektor Unibos Kukuhkan Tiga Profesor

“Sedangkan untuk program pemulihan ekonomi Nasional dalam bentuk bantuan yakni bantuan sosial produktif sebesar 30 Triliun untuk 12 Juta UMKM, stimulus bagi pengusaha kecil termasuk ultra mikro dalam betuk bantuan Rp. 2,5 Juta,” ungkap Kamrussamad.

Selain itu Sandiaga Salahuddin Uno yang juga merupakan narasumber pada kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa UMKM adalah salah satu hal yang dapat meningkatkan perekonomian nasional dan peran masyarakat sangat dibutuhkan dalam membantu pelaku UMKM dengan cara mencintai produk lokal.

Dalam kegiatan tersebut Sandiaga Uno juga memberikan quis kepada peserta, lima pemenang quis mendapatkan merchandise dari The Sandi Uno Official.

Bagikan

BACA JUGA:

Ketua STIE Nobel Indonesia Berpesan Kepada Lulusan Jaga Nama Baik Almamater

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Nobel Indonesia kembali mencetak lulusan sebanyak 261 wisudawan/wisudawati, yang terdiri dari 164 lulusan Sarjana Manajemen, 53...

UNM Kembali Buka Seleksi Program PPG Prajabatan 2020

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Dalam rangka memenuhi kuota program pendidikan profesi guru prajabatan (dengan biaya mandiri) direktorat pembelajaran Ditjen Belmawa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui...

Mahasiswa STKIP KKLP di Lima Kecamatan, Ini Pesan Ketua

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Bone kembali melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan Plus (KKLP) angkatan XXX, Rabu (24/7/2019). Tercatat, sekitar...

Tingkatkan Kualitas SDM, UNM dan Pemkab Pasangkayu Jalin Kerjasama

Universitas Negeri Makassar (UNM) dan Pemerintah Kabupaten Pasangkayu menanda tangani kontrak kerjasama dalam hal peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dibutuhkan dalam menjalankan...

Tingkatkan Jiwa Wirausaha, FKM Unhas Gelar Workshop Pendampingan PMW

Wirausaha merupakan suatu hal yang dirasa sulit untuk dilakukan bagi kebanyakan orang. Butuh perencanaan serta berbagai persiapan yang matang untuk bisa terjun dalam dunia wirausaha. Untuk...

POPULER