ADV A1

Departemen Epidemiologi FKM Unhas Gelar Workshop Pemutakhiran RPS, Modul, dan Portofolio Mata Kuliah

FAJAR Pendidikan

Bertempat di Hotel Four Points Sheraton Makassar, Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) mengadakan workshop pemutakhiran Rencana Pembelajaran Semester (RPS), modul, dan portofolio, 21-22 Januari 2022.

Kegiatan yang berlangsung dua hari ini mencakup semua matakuliah yang diampu Departemen Epidemiologi FKM Unhas pada Program Studi S1, S2, dan S3 Kesehatan Masyarakat.

Ketua Departemen Epidemiologi FKM Unhas Dr. Wahiduddin, SKM, MKes. menyampaikan latar belakang kegiatan ini.

“Perkembangan Ilmu Epidemiologi dalam dekade terakhir mengalami akselarasi yang sangat pesat, sehingga pemutakhiran materi pembelajaran matakuliah di Departemen Epidemiologi sangat dibutuhkan,” jelas Dr. Wahiduddin.

“Selain itu kebijakan Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi perlu direspons segera.

BACA JUGA :   HMJ Matematika FMIPA UNM Gelar Sidang Pleno 2022

Begitu pula target dari rencana strategis (Renstra) fakultas yang salah satu hasilnya adalah meningkatnya metode pembelajaran berbasis Pemecahan Kasus (Case Methods) dan Pembelajaran kelompok berbasis project (Team-Based Project) juga menjadi dasar pentingnya melakukan Pemutakhiran Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Departemen Epidemiologi FKM UNHAS,” tambah Dr. Wahiduddin.

Sementara itu Dekan FKM Unhas, Dr. Aminuddin Syam, SKM, M.Kes, M.Med.Ed dalam sambutannya mengharapkan hasil workshop ini nantinya dapat menjadi dokumen yang bisa membantu FKM Unhas dalam menghadapi beberapa kegiatan akreditasi pada tahun 2022 diantaranya akreditasi internasional ASIIN, reakreditasi pada program studi S1 dan S2 kesehatan masyarakat sehingga diharapkan dapat diikuti oleh departemen lain di lingkup FKM Unhas.

Selain itu dalam arahannya Dekan FKM Unhas meminta Departemen Epidemiologi segera membentuk pusat studi atau pusat kajian Epidemiologi sehingga berbagai kegiatan penelitian, dan pengabdian masyarakat dapat dilaksanakan secara regular dan berkesinambungan nantinya.

BACA JUGA :   FKM Unhas Gelar Pendampingan Tata Kelola Program Kesehatan di Dinkes Pinrang

Kegiatan yang dihadiri oleh staf dosen dan juga tenaga kependidikan di Departemen Epidemiologi ini diawali dengan pemaparan hasil evaluasi proses belajar mengajar di Departemen Epidemiologi selama tahun 2021, dilanjutkan dengan pembahasan RPS, modul, dan portofolio matakuliah pada Prodi S1, S2 dan S3 Kesehatan Masyarakat.

“Kegiatan ini dimaksudkan agar materi pembelajaran yang diperoleh oleh mahasiswa terupdate dan proses belajar mengajar bisa berjalan sesuai dengan RPS dan tujuan pembelajaran yang telah dirancang sebelumnya,” tutup Dr. Wahiduddin dalam paparannya.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI