- Advertisement -

Pemutakhiran RPS Mata Kuliah Departemen Kesling FKM Unhas

Departemen Kesehatan Lingkungan (Kesling) FKM Unhas, melaksanakan Pemutakhiran RPS Mata Kuliah Departemen Kesehatan Lingkungan yang dilaksanakan pada tanggal 12-13 Maret 2022 di Hotel Gammara.

Kegiatan Pemutakhiran RPS sangat penting untuk mengetahui capaian pembelajaran yang ditargetkan. Kegiatan ini terlaksana secara hybrid – online dan offline.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan 1 FKM Unhas, Ansariadi, SKM, MSc PH, Ph.D. sekaligus memberikan materi terkait kebijakan pengembangan kurikulum.

Ansariadi menjelaskan bahwa Rencana Pembelajaran Semester (RPS) adalah dokumen perencanaan pembelajaran yang disusun sebagai panduan bagi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan perkuliahan selama satu semester untuk mencapai capaian pembelajaran yang telah ditetapkan.

“Pembelajaran ini adalah student center learning. Student Centered Learning atau SCL merupakan satu pendekatan pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kualitas belajar mahasiswa,” terangnya.

BACA JUGA:  Posko 15 PBL II FKM Unhas Beri Edukasi Parenting Sekaligus Pemasangan Papan Wicara Cegah  Stunting di Desa Bulu Cindea
-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Tentu saja, Student Centered Learning ini diharapkan mahasiswa seharusnya lebih aktif terlibat dalam kegiatan kuliah dibandingkan dengan anak sekolahan,” sambungnya.

Bagaimana pun kata Ansariadi, sudah seharusnya jika mahasiswa memiliki daya kritis yang tinggi.

Departemen Kesling FKM Unhas

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Pada kesempatan yang sama, Ketua Departemen Kesehatan Lingkungan FKM Unhas, Dr Erniwati Ibrahim, SKM., M Kes., dalam sambutannya menyatakan bahwa inti dari RPS diharapkan sesuai dengan rumusan CPL dan CPMK, masing-masing prodi S1 dan S2, sehingga tidak ada yang over lapping dari keduanya.

Peserta kegiatan adalah seluruh dosen dan staf pada Departemen Kesehatan Lingkungan FKM Unhas sebanyak 12 orang dan mengundang user seperti dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Makassar dan alumni S1 dan S2 Kesehatan Lingkungan FKM Unhas termasuk mahasiswa S1 dan S2.

BACA JUGA:  Mahasiswa PBL II FKM Unhas Lakukan Kegiatan Seminar Awal di Aula Kantor Lurah Tekolabbua

Selain itu juga dihadiri oleh beberapa universitas lain di Kota Makassar. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Dekan 3 FKM Unhas, Prof Sukri Palutturi, SKM., MKes., M Sc PH., Ph D sekaligus Ketua Persakmi Wilayah Sulawesi Selatan.

Dr Syamsuar Manyullei, SKM. M.Kes, MSc.PH menyebutkan bahwa adapun tujuan penyusunan RPS mata kuliah pada Departemen Kesehatan Lingkungan FKM Unhas adalah agar setiap dosen melakukan proses pembelajaran secara lebih bertanggungjawab, dalam rangka mencapai standar proses pembelajaran sebagaimana telah diamanatkan dalam Standar Nasional Pendidikan.

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: