Departemen Epidemiologi FKM Unhas Lakukan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular di Pulau Barrang Lompo

Memeriahkan Dies Natalis Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) yang ke 40 tahun setiap departemen di FKM Unhas melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Pulau Barrang Lompo.

- Advertisement -

Departemen Epidemiologi ikut serta dengan melakukan deteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM) yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 Oktober 2022 di Pulau Barrang Lompo, Makassar.

Kegiatan pengabdian dihadiri oleh perangkat kecamatan dan kelurahan, guru besar, dosen, staf, serta mahasiswa dari berbagai jurusan di FKM Unhas dan dibuka secara langsung oleh Dekan FKM Unhas, Prof Sukri Palutturi, SKM MKes MScPH PhD.

- Advertisement -

“Kegiatan ini merupakan sarana belajar bagi mahasiswa dan dosen sebagai tim pengabdian dan diharapkan dapat memberi dampak positif bagi masyarakat sasaran,” jelas Prof Sukri dalam sambutannya.

BACA JUGA:  Departemen Ilmu Gizi dan Lab Biokimia Fisik FKM Unhas Gelar Pelatihan Organoleptik Produk Pangan

Tim pengabdian Departemen Epidemiologi terdiri dari mahasiswa S1, FETP, tubel, staf, dan dosen yang saling bekerja sama dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Kegiatan pengabdian yang dilakukan bertujuan untuk melakukan deteksi dini PTM, yang pastinya untuk mencapai target SDGs yang ke-3, yaitu menjamin kesehatan yang baik dan kesejahteraan untuk segala usia,” terang Dr Wahiduddin, SKM MKes Ketua Departemen Epidemiologi.

Masyarakat Pulau Barrang Lompo, sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

Sebanyak 174 orang yang mengikuti deteksi dini PTM, mencakup pengukuran tekanan darah, pemeriksaan glukosa darah, asam urat dan kolesterol.

BACA JUGA:  UNICEF Indonesia Gandeng FKM Unhas dan 13 Perguruan Tinggi di Makassar Bahas Target SDG-6

Selain itu dilakukan juga pengukuran berat badan dan tinggi badan.

“Masyarakat dengan hasil tes yang tidak normal diarahkan untuk melakukan konsultasi ke dokter spesialis yang juga merupakan tim pengabdian dari FKM Unhas,” kata Andi Selvi Yusnitasari, SKM MKes. (Ketua Pengabdian Departemen Epidemiologi).

Pihak kelurahan menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan oleh FKM Unhas.

Kegiatan tersebut memberikan manfaat yang laur biasa bagi masyarakat setempat.

“Diharapkan ke depannya FKM Unhas dapat datang kembali untuk melakukan pengabdian dengan kegiatan yang lebih banyak lagi.

Agar dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat du Pulau Barrang Lompo,” ungakp Kepala Desa Pulau Barrang Lompo.

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: