Monday, July 13, 2020

Unhas dan UMB Kolaborasi Gelar Konferensi Internasional

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Publication Management Center (PMC) berkolaborasi dengan Universitas Muhammadiyah Buton (UMB) dalam rangka The First International Conference of Interdisciplinary Research on Green Environment Approach for Sustainable Development (ICROEST) 2019. Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu, 3 Agustus 2019 di Aula Prof Fachruddin, Sekolah Pasca Sarjana Unhas.

Konferensi ini menghadirkan Rektor Unhas, Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA sebagai keynote speaker.  Keynote speaker lainnya adalah Penelitia asal Inggris Abigail Moore (Peneliti asal Inggris), Prof Yoshio Kawamura (Kyoto Prefectural College of Agriculture dan Professor dari Ryukoku University Jepang), Dr Eng Ir Ilham Bakri, ST., M Sc (Dosen Departemen Teknik Industri Unhas), dan Guo-Jhong Moh (Leader of Taiwan Technical Mission in the Republic of Indonesia Internasional Cooperation and Development Fund).

Rektor UMB, Dr Wa Ode Al Zarliani merasa bangga dengan kesediaan Unhas untuk berkolaborasi dan bekerjasama dengan kampus yang dipimpinnya. Ia berharap hubungan ini bisa semakin meningkatkan kualitas lembaga juga akademik serta menjadi momentum untuk meningkatkan nilai akreditasi UMB. 

“Kami senang Unhas mau bekerjasama dengan kami, sebentar akan dilakukan penandatanganan MOU terkait tridarma perguruan tinggi.  Salah satu implementasi kerja sama ini adalah konferensi internasional yang hari ini diselenggarakan,” kata Zarliani.

Sebagai kampus yang masih berkembang, UMB menyadari sepenuhnya perlunya berinteraksi dengan kampus-kampus yang lebih maju dan unggul.  “Kami berharap kerjasama ini akan memberikan nilai positif untuk UMB, karena kami tahu bahwa Unhas termasuk Perguruan Tinggi di Sulawesi yang punya kualitas. Kedepan kami berharap bisa mencapai kejayaan seperti Unhas,” lanjut Zarliani.

Direktur PMC Unhas, Muhammad Arsyad, SP, M Si., Ph D., menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini pada dasarnya untuk melakukan diseminasi hasil-hasil riset yang akan terindeks Scopus.  Dalam konferensi ini, ada 220 paper hasil riset yang akan dipresentasikan, 75 persen berasal dari Unhas dan 25 persen berasal dari luar Unhas.

The First International Conference of Interdisciplinary Research on Green Environment Approach for Sustainable Development (ICROEST) 2019, kolaborasi Unhas dengan UMB.

“Luaran yang diharapkan dari konferensi ini adalah paper yang dipresentasikan akan dipublikasikan pada prosiding terindeks Scopus. Tentunya ini bisa meningkatkan reputasi peneliti dan institusi asal peneliti yang berpartisipasi pada konferensi ini,” kata Arsyad.

Rektor Unhas, Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, menyambut baik kerja sama ini. Sebagai kampus yang menjadi rujukan di Indonesia, dan yang paling unggul di Kawasan Timur Indonesia, sudah seharusnya Unhas berkontribusi pada kemajuan kampus-kampus lain.

“Unhas memiliki tanggungjawab sosial untuk menjadi pendorong perubahan dan kemajuan. Kami tidak mungkin besar sendiri, tetapi kehadiran kita harusnya menjadi stimulus bagi kampus-kampus lainnya juga.  Apalagi, dalam tiga tahun terakhir ini Unhas selalu memperoleh kepercayaan dari Kemenristekdikti untuk membina kampus-kampus lain melalui program perguruan tinggi asuh,” kata Dwia. (FP/*)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

OPINI : Kasus Covid Meningkat, Akibat Pelonggaran Kebijakan

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pemerintah mengatakan anggaran kesehatan untuk penanganan Covid-19 yang sebesar Rp 87,55 triliun tidak akan bertambah hingga akhir tahun walaupun kasus...

Penulis Novel Kelahiran Sidrap Serahkan Karyanya ke Perpustakaan

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Lewat chat WhatsApp, penulis novel S. Gegge Mappangewa mengabarkan kepada Tulus Wulan Juni Pustakawan Makassar akan mengirimkan bukti terbit...

Sebulan Dikepung Banjir, Warga Kelurahan Tempe Mulai Mengeluhkan Kurangnya Air Bersih

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Ratusan orang terpaksa meninggalkan rumah-rumah dan lahan-lahan pertanian mereka untuk menghindari banjir di Kabupaten Wajo. Pihak berwenang memerintahkan warga...

Lantamal VI Gelar LDD SIMAK BMN T.A 2020

Makassar, FAJARPENDIDIDKAN.co.id - Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) gelar Latihan Dalam Dinas (LDD) Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik...

Cegah Covid-19, Sejumlah Ruang Pertemuan di Mapolres Bone Disemprot Disinfektan

Bone, Fajarpendidikan.co.id- Polres Bone melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah ruang pertemuan kantor, Senin (13/07/2020). Sejumlah tempat yang dilakukan penyemprotan...

REKOMENDASI