Departemen Ilmu Gizi FKM Unhas Usung 4 Program Pengabdian Masyarakat di Pulau Lakkang

FAJAR Pendidikan

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Salah satu rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-39 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) adalah kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat.

Sejalan dengan tema Dies Natalis yang diusung tahun ini yaitu “Optimalisasi Humaniversity menuju World Class University untuk Ketahanan Kesehatan Bangsa”, FKM Unhas mendorong kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan di salah satu daerah kepulauan yang ada di Kota Makassar.

Kegiatan ini sekaligus menjiwai visi Unhas yang berbasis Benua Maritim.

Kegiatan yang diadakan di Pulau Lakkang, Kecamatan Tallo ini melibatkan dosen dan mahasiswa S1-S3 dari lintas departemen yang ada di lingkup FKM Unhas.

Setidaknya terdapat 23 topik pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh 8 departemen.

Empat topik di antaranya diusung oleh Departemen Ilmu Gizi yang meliputi Edukasi Gizi Seimbang pada Anak Sekolah Dasar, Edukasi Gizi Seimbang pada Remaja, Edukasi Ibu Hamil dan Pembagian Kapsul Ekstrak Kelor serta Edukasi Gizi pada Ibu Menyusui.

BACA JUGA :   Poltekbos Gandeng SMKN 1 Gowa, Beri Edukasi Robotika

Setelah kegiatan dibuka secara resmi oleh Dr. Aminuddin Syam, SKM., M.Kes., M.Med.Ed selaku Dekan FKM Unhas, tim pengabdian masyarakat dari Departemen Ilmu Gizi menuju lokasi dan sasaran kegiatan pengabdian masing-masing.

Tim Edukasi Ibu Hamil yang dipimpin oleh Prof. dr. Veni Hadju, MSc., Ph.D dan Tim Edukasi Gizi pada Ibu Menyusui yang dipimpin oleh Dr. dr. Citrakesumasari, M.Kes., Sp.GK menuju PUSTU Lakkang;

Sementara Tim Edukasi Gizi Seimbang pada Anak dan Remaja yang dipimpin oleh Prof. Dr. Saifuddin Sirajuddin MS dan Dr. Dra. Nurhaedar Jafar, Apt., M.Kes menuju ke SD dan SMP Lakkang yang masih berada dalam satu lokasi yang sama.

BACA JUGA :   Cek Pengumuman SBMPTN 2022 Lengkap Seluruh PTN, Link Disini!

Tergabung dalam Tim Edukasi Gizi Seimbang pada Remaja, Dr. Healthy Hidayanty selaku Ketua Departemen Ilmu Gizi memaparkan pesan-pesan gizi seimbang pada siswa SMP Negeri 44 Satu Atap Makassar melalui media leaflet yang sangat menarik dan informatif.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat terlaksana dengan baik dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini sangat antusias. Setelah kegiatan ini nampak siswa SMP yang menjadi terget edukasi mampu mengidentifikasi berbagai pangan lokal yang ada di Pulau Lakkang untuk memenuhi anjuran Gizi Seimbang.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI