- Advertisement -

FKM Unhas dan Biro Perencanaan Kemenkes RI Gelar Pendampingan Tata Kelola Program Kesehatan untuk Dinkes Pinrang

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) bekerja sama dengan Biro Perencanaan Kementerian Kesehatan RI melakukan pendampingan Tata Kelola Program Kesehatan kegiatan yang berlangsung mulai bulan Maret yang diawali dengan rapat koordinasi, sosialisasi, FGD, dan workshop penyusunan dokumen Renja.

Maksud dari kegiatan pendampingan yang dilakukan adalah untuk meningkatkan kapasitas dalam menyusun Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD).

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Kegiatan ini dihadiri oleh Adinkes (Sawidjan, Drs, M.Kes) melalui via zoom sebagai narasumber workshop tentang indikator standar pelayanan minimal, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Pinrang, Para Kepala Bidang Dinas Kesehatan Kab. Pinrang, Para Kepala Sub Bagian/Kepala Seksi Dinas Kesehatan Kab. Pinrang, Para Kepala UPTD Puskemas se-Kab. Pinrang, dan Tim Perencana Dinas Kesehatan Kab. Pinrang.

Rangkaian kegiatan workshop yang dilakukan dimulai dari pemaparan Workshop tentang Indikator Standar Pelayanan Minimal (SPM) oleh Sawidjan, Drs MKes.

BACA JUGA:  FKM Unhas Gelar Yudisium dan Ramah Tamah Pelepasan Alumni di Akhir Tahun 2022

Kemudian pemaparan materi workshop kedua tentang perumusan program dan kegiatan yang disampaikan oleh Dr Irwandy, SKM MSc PH MKes sebagai Ketua Tim Pendamping dan materi workshop ketiga yaitu penyajian renja dinas kesehatan yang disampaikan oleh Adelia U Ady Mangilep, SKM MARS.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Peserta workshop menyampaikan ucapan terimakasih atas pemaparan materi yang sangat bermanfaat untuk dinas kesehatan, puskesmas dan Rumah sakit.

Irwandy menyampaikan bahwa tim perencana Dinkes Pinrang telah bersinergi dengan baik selama proses pendampingan dilakukan sehingga dihasilkan output berupa dokumen Renja dengan hasil yang ‘sangat baik’.

“Hal ini berarti terdapat peningkatan kualitas dokumen Renja dari hasil penilaian kategori ‘sangat kurang’, kemudian ‘baik’ dan di akhir pendampingan sudah pada kategori ‘sangat baik’. Perlu apresiasi bagi tim yang sudah bekerja keras,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Mahasiswa PBL FKM Unhas Adakan Edukasi Bahaya Asap Rokok di SDN 36 Parenreng
-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Kepala Dinas Kesehatan Kab. Pinrang, drg. Dyah Puspita Dewi, MKes dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada tim pendamping dari FKM Unhas (Dr Aminuddin Syam, SKM MKes MMed Ed; Dr Irwandy, SKM MSc PH MKes; Adelia U Ady Mangilep, SKM MARS; Arif Anwar, SKM MKes dan Fatima Sari Baso, SKM MKM) yang telah mendampingi Dinas Kesehatan Kab. Pinrang dalam penyusunan rencana kerja dinas kesehatan.

Segala input yang diberikan kepada tim perencana dan peserta dari dinas dan puskesmas merupakan ilmu dan pengalaman yang sangat berharga.

“Harapannya ilmu yang telah diperoleh dapat dimanfaatkan. Kepada tim pendamping diharapkan silaturahmi tetap berjalan dan sekiranya masih bersedia jika di lain waktu dapat memberikan masukan kepada Dinkes Pinrang dalam hal perencanaan,” ungkapnya.

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: