Jumat, Februari 26, 2021

Dies Natalis Unhas ke-64, Departemen Ilmu Gizi FKM Unhas Gelar Workshop Penulisan

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin memprakarsai terselenggaranya workshop yang bertajuk “Research Skills Upgrade: Penulisan Systematic Review dan Meta-Analysis”.

Kegiatan ini menjadi rangkaian agenda pelaksanaan Dies Natalis Ke-64 Universitas Hasanuddin tahun ini. FKM Unhas mengambil peran penting dalam pelaksanaan Dies Natalis kali ini dengan menjadi ketua pelaksana.

Workshop ini merupakan perwujudan tema Dies Natalis Ke-64 untuk “Mengokohkan Unhas sebagai Humaniversity dalam Adaptasi Kebiasaan Baru”.

Pandemi Covid-19 saat ini telah mengubah berbagai tatanan kehidupan, termasuk dalam dunia akademik.

Berbagai adaptasi di New Normal Life harus dilakukan, tidak terkecuali penyelenggaraan penelitian bagi akademisi dan mahasiswa tingkat akhir.

Hadir sebagai pembicara Prof Asnawi Abdullah, BSc PH., MHSM., MSc HPPF., DLSHTM., Ph D.

Dekan FKM Universitas Muhammadiyah Aceh itu mengatakan, Systematic Review dan Meta-Analysis dapat menjawab tantangan dalam penyelenggaraan penelitian di era New Normal.

“Data-data penelitian tidak melulu harus dikumpulkan melalui aktivitas di lapangan atau laboratorium, tetapi dapat dilakukan dengan mensintesis data atau informasi dari berbagai literatur ilmiah yang telah terpublikasi,” jelas Prof Asnawi.

Dengan demikian, sambungnya, metode ini dapat digunakan oleh mahasiswa tingkat akhir dalam penyusunan karya tulis yang menjadi persyaratan kelulusan di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Kegiatan yang telah terlaksana pada tanggal 6 Juli 2020 ini diikuti tidak kurang dari 100 peserta.

Andi Imam Arundhana, S.Gz., MPH selaku ketua panitia menyampaikan, peserta yang hadir di luar ekspektasi panitia.

Acara yang dilaksanakan secara daring ini tidak hanya diikuti oleh sivitas akademika di lingkungan FKM Unhas saja, tetapi menjangkau akademisi, praktisi, dan mahasiswa dari luar Unhas.

Seperti UIN Alauddin Makassar, Universitas Diponegoro, Institut Pertanian Bogor, Universitas Muhammadiyah Aceh, Univeritas Jambi, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Universitas Megarezky, Poltekkes Kementerian Kesehatan, dan RSU Abdul Radjak Salemba.

“Workshop ini merupakan kegiatan perdana yang digagas oleh Sie Ilmiah dan Pameran Dies Natalis Ke-64 Unhas, nantinya masih akan berlanjut dengan rangkaian kegiatan ilmiah lainnya. Dalam kurun waktu Agustus-September 2020 berbagai Seminar Internasional, Pelatihan Ilmiah, dan Pameran Ilmiah juga akan dilaksanakan,” jelas Imam. (*/FP)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Nurdin Abdullah Resmi Lantik 11 Kepala Daerah Sulsel

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Resmi Lantik 11 Kepala Daerah, Kemudian mengambil sumpah Jabatan Kepala Daerah yang berlansung di Rumah...

Kakan Kemenag Bone ke Pejabat Baru: Lahirkan Inovasi Ukir Prestasi

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kepala Kantor (Kakan) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bone Dr. H. Wahyuddin Hakim, M.Hum meminta pejabat yang menjabat jabatan...

Ketua DPW Kemenag Bone: Bantuan Sekecil Apapun Akan Manfaat

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Ketua DWP Kemenag Bone Hj. Asmawaty, S. Kep., Ns M.Kes. bersama pengurus inti mendatangi kantor Baznas di lantai dasar Masjid...

Besok, Pelantikan Bupati dan Wabup Barru Diadakan Secara Virtual

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Jumat Besok, merupakan hari pertama bagi lembaran baru kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Barru Periode 2021-2024. Untuk pertama kalinya, pelantikan...

KIR MAN 3 Kota Makassar Membuka Peluang Untuk Berkarya Bertajuk Journalist Competion

Makassar,FAJARPENDIDIKAN.co.id – Dalam rangka meningkatkan kreativitas dan inovasi di Era New Normal ini, Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) MAN 3 Kota Makassar membuka...

REKOMENDASI