Tuesday, August 11, 2020

Dies Natalis Unhas ke-64, Departemen Ilmu Gizi FKM Unhas Gelar Workshop Penulisan

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin memprakarsai terselenggaranya workshop yang bertajuk “Research Skills Upgrade: Penulisan Systematic Review dan Meta-Analysis”.

Kegiatan ini menjadi rangkaian agenda pelaksanaan Dies Natalis Ke-64 Universitas Hasanuddin tahun ini. FKM Unhas mengambil peran penting dalam pelaksanaan Dies Natalis kali ini dengan menjadi ketua pelaksana.

Workshop ini merupakan perwujudan tema Dies Natalis Ke-64 untuk “Mengokohkan Unhas sebagai Humaniversity dalam Adaptasi Kebiasaan Baru”.

Pandemi Covid-19 saat ini telah mengubah berbagai tatanan kehidupan, termasuk dalam dunia akademik.

Berbagai adaptasi di New Normal Life harus dilakukan, tidak terkecuali penyelenggaraan penelitian bagi akademisi dan mahasiswa tingkat akhir.

Hadir sebagai pembicara Prof Asnawi Abdullah, BSc PH., MHSM., MSc HPPF., DLSHTM., Ph D.

Dekan FKM Universitas Muhammadiyah Aceh itu mengatakan, Systematic Review dan Meta-Analysis dapat menjawab tantangan dalam penyelenggaraan penelitian di era New Normal.

“Data-data penelitian tidak melulu harus dikumpulkan melalui aktivitas di lapangan atau laboratorium, tetapi dapat dilakukan dengan mensintesis data atau informasi dari berbagai literatur ilmiah yang telah terpublikasi,” jelas Prof Asnawi.

Dengan demikian, sambungnya, metode ini dapat digunakan oleh mahasiswa tingkat akhir dalam penyusunan karya tulis yang menjadi persyaratan kelulusan di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Kegiatan yang telah terlaksana pada tanggal 6 Juli 2020 ini diikuti tidak kurang dari 100 peserta.

Andi Imam Arundhana, S.Gz., MPH selaku ketua panitia menyampaikan, peserta yang hadir di luar ekspektasi panitia.

Acara yang dilaksanakan secara daring ini tidak hanya diikuti oleh sivitas akademika di lingkungan FKM Unhas saja, tetapi menjangkau akademisi, praktisi, dan mahasiswa dari luar Unhas.

Seperti UIN Alauddin Makassar, Universitas Diponegoro, Institut Pertanian Bogor, Universitas Muhammadiyah Aceh, Univeritas Jambi, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Universitas Megarezky, Poltekkes Kementerian Kesehatan, dan RSU Abdul Radjak Salemba.

“Workshop ini merupakan kegiatan perdana yang digagas oleh Sie Ilmiah dan Pameran Dies Natalis Ke-64 Unhas, nantinya masih akan berlanjut dengan rangkaian kegiatan ilmiah lainnya. Dalam kurun waktu Agustus-September 2020 berbagai Seminar Internasional, Pelatihan Ilmiah, dan Pameran Ilmiah juga akan dilaksanakan,” jelas Imam. (*/FP)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

Empat Mahasiswa Studi Agama-Agama UIN Alauddin Terima Beasiswa Bersama Institute

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan atas kerjasama Bersama Institute dan Prodi Studi Agama-Agama UIN Alauddin Makassar, maka Bersama Institute memberikan...

Kebun Ketahanan Pangan Lantamal VI Tumbuh Subur di Tengah Kota Diapresiasi Kadis Lingkungan Hidup Kota Makassar

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kehadiran kebun ketahanan Pangan Lantamal VI yang tumbuh subur di tengah kota Makassar kian terasa manfaatnya bagi masyarakat. Kebun...

Mungkinkah Pembelajaran Jarak Jauh diterapkan Permanen?

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengungkapkan, pembelajaran jarak jauh bisa diterapkan permanen setelah pandemi Covid-19 selesai. Berdasarkan penilaian Kemendikbud,...

Tips Skincare yang Jarang Diketahui Orang

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kalau membicarakan tips skincare, pasti kita bisa menemukannya dengan mudah bertebaran di internet. Rasanya setiap orang selalu berusaha membagikan tips-tips...

Lomba Seni Suara Burung Berkicau LANAL Kendari Gunakan Nama Kapal Perang Untuk Kelas Lomba

Kendari, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Selasa, 11 Agustus 2020, Lanal Kendari yang dipimpin oleh Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia S.Sos., menempuh cara yang...

REKOMENDASI