Sabtu, Oktober 23, 2021

Doa Buka Puasa yang Benar

Ya, agar lebih afdol dan menambah berkah puasanya.

spot_imgspot_img

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 183:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Dalam ‘Fiqih Puasa Menurut Madzhab Syafiiy’ oleh Muhammad Ajib, Lc., MA, disebutkan ketika sudah adzan Maghrib, maka disunnahkan untuk menyegerakan berbuka puasa. Makruh hukumnya jika sampai menunda buka puasa sampai waktu malam hari.

Dalam hal ini Nabi SAW bersabda:

Dari Abu Zar Al-Ghifari ra dengan riwayat marfu’, “Umatku senantiasa dalam kebaikan selama menyegerakan buka puasa dan mengakhirkan sahur.” (HR. Ahmad).

Ketika hendak berbuka puasa sebaiknya luangkan waktu untuk berdoa. Karena waktu berbuka adalah waktu yang mujarab dikabulkannya doa.

Dalam hadits Shohih (HR. al-Baihaqi 3/345 dan yang lainnya), dari Anas bin Malik Radhiyallahu’ anhu, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak:

1. Doa orang tua kepada anaknya,
2. Doa orang yang berpuasa ketika berbuka,
3. Doa orang yang sedang safar (musafir).

Berikut doa buka puasa

اَللّٰهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Arab-latin: Allaahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birahmatika yaa arhamar-roohimiina.

Artinya : “Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmatMu, Ya Allah yang Tuhan Maha Pengasih.”

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI