ADV A1

Makna Hujan Ketika Imlek, Benarkan Bertanda Keberuntungan?

FAJAR Pendidikan

Perayaan Imlek merupakan bentuk rasa syukur masyarakat Tionghoa akan hadirnya musim semi.  Di awal musim semi, mereka juga percaya akan dipenuhi keberkahan, mulai dari hasil panen melimpah hingga hadirnya musim semi yang indah. Makna Hujan Ketika Imlek

Di Indonesia yang hanya memiliki dua musim, tentu tidak bisa merasakan hadirnya musim semi. Namun, kerap kali ketika Hari Raya Imlek tiba, akan turun hujan.

Hal tersebut mengundang pertanyaan, mengapa perayaan Imlek di Indonesia identik dengan turunnya hujan?

Makna Hujan Ketika Imlek

Masyarakat Tionghoa meyakini kepercayaan bahwa hujan merupakan simbol keberuntungan. Ahli Feng Shui juga menuturkan bahwa turunnya hujan ketika Imlek menandakan Dewi Kwan Im sedang menyiram bunga Mei Hwa yang diartikan sebagai turun berkah dari langit.

BACA JUGA :   Kota Bawah Tanah Ditemukan di Turki, Ini Kisahnya

Orang-orang Tionghoa percaya bahwa bunga Mei Hwa adalah bunga yang ditanam oleh Dewi Kwan Im menjelang hari raya Imlek. Selain itu, hujan yang identik sebagai simbol keberuntungan juga tidak terlepas dari sejarah etnis Tiongkok.

Masyarakat Tionghoa, yang pada zaman dahulu kebanyakan bermata pencaharian sebagai petani, menggantungkan hidupnya pada hasil ladang atau kebun. Karena itu, bagi mereka, turun hujan merupakan suatu keberkahan.

BACA JUGA :   15 Jenis Makanan Terburuk Bagi Tubuh Menurut Ahli Kesehatan

Uniknya, akan diadakan ritual untuk menentukan apakah ketika Imlek akan turun hujan atau tidak. Ritual tersebut akan dilakukan dengan makan makanan semacam onde-onde. Ketika memakan makanan tersebut dan tidak turun hujan, maka mereka meyakini bahwa saat Imlek tidak akan hujan. Sementara itu, hujan di perayaan Imlek biasanya turun saat Imlek malam atau keesokan harinya.

Begitulah penjelasan secara ilmiah dan bagaimana sejarahnya kalender Imlek. Jadi, jika mengambil pendapat dari BMKG, perayaan Imlek memang jatuh bersamaan dengan puncak turunnya curah hujan tinggi. Semoga informasi tersebut dapat menambah informasi ya!

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI