Jumat, Oktober 22, 2021

Editorial Majalah FAJAR PENDIDIKAN Edisi 368: Sekolah Penggerak, Demi Kemajuan Pendidikan Bersama

spot_imgspot_img

Perubahan sekolah bisa dimulai dari sekolah-sekolah penggerak yang bisa menjadi contoh dalam kegiatan pembelajaran. Mendikbudristek memperkenalkan satu konsep sekolah penggerak, sekolah yang dapat menggerakkan sekolah-sekolah lain sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran lebih baik.

Dalam sekolah penggerak, guru tidak hanya memberikan pelajaran satu arah, namun juga  berbagai aktivitas yang menyenangkan memuat kompetensi-kompetensi bernalar kritis, kolaborasi, dan kreatif.

Apa saja ciri-ciri sekolah penggerak? Ada tiga hal yang selalu di lihat dari sekolah penggerak, baik dari guru maupun siswa, yakni banyak bertanya, banyak mencoba dan banyak karya.

Menurut Mendikbudristek, sekolah penggerak adalah sekolah yang mempunyai kepala sekolah yang tak hanya bisa mengatur operasional suatu sekolah, tapi juga mengerti proses pembelajaran siswa dan menjadi mentor bagi guru-guru di sekolah.

Sekolah penggerak juga memiliki guru yang berpihak kepada anak. Sekolah penggerak memiliki guru yang mengerti bahwa setiap anak berbeda dan memiliki cara pengajaran yang berbeda, sehingga ia mengajar pada level yang tepat dan pas.

Selain itu, sekolah penggerak tak hanya menyandang sebagai sekolah terbaik, tapi juga mampu menghasilkan profil siswa yang berakhlak mulia, independen dan mandiri, serta mempunyai kemampuan bernalar kritis, kreatif, gotong royong, dan mempunyai rasa kebinekaan dalam negara dan global.

Guna meningkatkan kualitas belajar siswa di seluruh Indonesia, Kemendikbudristek akan mendorong lahirnya ribuan sekolah penggerak. Sekolah-sekolah ini akan menggerakan sekolah lain di dalam ekosistemnya untuk juga menjadi sekolah-sekolah penggerak selanjutnya.

Reformasi pendidikan di Indonesia tidak bisa sukses tanpa ada perubahan di dalam sekolah. Sekolah penggerak bisa menjadi panutan, tempat pelatihan dan juga inspirasi bagi guru-guru dan kepala sekolah lainnya.

Dengan adanya sekolah penggerak, dunia pendidikan di Indonesia diharapkan mengalami perubahan lebih baik dan merata. Sehingga banyak siswa-siswi yang berprestasi dan sekolah-sekolah terbaik.

Redaksi

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI