Fakta-Fakta Unik Gajah, Hewan Raksasa dan Perasa

Tubuh besar, tubuh panjang adalah ciri terpenting gajah. Hewan ini cukup familiar di telinga manusia, bahkan banyak dari kita yang pernah melihat hewan besar ini secara langsung baik di kebun binatang, sirkus maupun langsung di habitat aslinya.

Saat ini hanya tersisa dua jenis gajah yaitu gajah afrika dan gajah asia. Gajah adalah binatang yang luar biasa. Bukan hanya karena bobot tubuhnya yang besar, tetapi juga karena, seperti manusia, mereka adalah hewan yang sangat sensitif!

1. Keluarga gajah dipimpin oleh seekor betina

9 Fakta Unik Tentang Gajah, Hewan Raksasa yang Perasa

Tidak seperti kawanan hewan lainnya, keluarga gajah ini sebenarnya dipimpin oleh seekor betina. Jangan salah paham, tidak ada wanita yang bisa menjadi pemimpin kelompok. Para sesepuh dipilih sebagai pemimpin karena semakin tua gajah betina, semakin kuat pengaruhnya dalam kawanan.

- Iklan -

Anda juga tidak akan pernah menemukan gajah jantan dewasa dalam keluarga gajah karena gajah jantan hanya hidup dalam kelompoknya selama 15 tahun sebelum dipisahkan dari induknya.

2. Gajah hanya butuh tidur selama 4 jam

9 Fakta Unik Tentang Gajah, Hewan Raksasa yang Perasa

Gajah itu besar, tetapi mereka tidak malas. Meskipun kita membutuhkan 8 jam tidur, seekor gajah hanya tidur 4 jam setiap malam. Tidur nyenyak tidak mudah bagi gajah.

Baca Juga:  8 Sungai Terpanjang di Dunia, Mana yang Ingin Kamu Kunjungi?

Mereka jarang tidur sambil berbaring dan mendengkur. Alih-alih tertidur lelap, sebagian besar gajah menghabiskan waktu istirahatnya dengan tidur sambil berdiri. 3. Tapi mereka menghabiskan 16 jam waktunya untuk makan.

- Iklan -

Seekor gajah afrika memiliki berat 4000-7000 kg. Sedangkan gajah Asia memiliki berat 3.000-5.000 kg. Karena ukurannya yang besar, tidak mengherankan jika gajah makan dalam jumlah banyak. Tidak ada ukuran pasti berapa kilogram makanan yang bisa mereka makan, tetapi seekor gajah bisa menghabiskan 16 jam waktunya hanya untuk makan.

3. Jangan salah, gajah juga punya ingatan yang baik lho!

9 Fakta Unik Tentang Gajah, Hewan Raksasa yang Perasa
Selain badannya besar, otak gajah juga besar. Otak gajah dewasa memiliki berat 5,4 kg. Dengan otak yang begitu berat, mereka juga memiliki daya ingat yang baik bahkan tergolong hewan yang cerdas. Seekor gajah dapat mengingat seekor gajah atau manusia bahkan jika mereka tidak bertemu selama bertahun-tahun. Tidak hanya itu, gajah juga mengenali bayangannya sendiri saat Anda memberi mereka cermin

Baca Juga:  8 Sungai Terpanjang Di Indonesia, Yuk Ketahui Mana Saja!

Gajah mungkin memiliki tubuh yang besar, namun seperti halnya manusia, gajah juga memiliki perasaan. Ketika betina melahirkan, gajah lain dengan senang hati menyambut anggota baru mereka dan bekerja bahu membahu merawat bayi tersebut.

Mereka juga khawatir ketika gajah lain sakit dan bahkan menangis ketika salah satu kawanannya mati. Sangat menyedihkan bahwa sekelompok gajah berpelukan dan meluangkan waktu untuk melihat teman mereka yang mati selama beberapa jam, bahkan berusaha menutupi gajah malang itu dengan tanah dan tumbuhan sebelum pergi.

- Iklan -

Berbadan besar, dengan belalai yang panjang menjadi ciri utama gajah. Hewan ini cukup akrab ditelinga manusia, bahkan banyak dari kita yang sudah pernah melihat hewan raksasa satu ini secara langsung baik itu di kebun binatang, sirkus, atau melihat mereka langsung di habitat aslinya.

Gajah saat ini hanya tersisa dua spesies yaitu gajah Afrika dan gajab Asia. Gajah adalah hewan yang luar biasa. Bukan hanya karena bobot tubuhnya yang berukuran besar tapi juga karena mereka hewan yang sangat perasa seperti manusia!

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU