FKM Unhas FGD Persiapan Awal dan Simulasi Visitasi Akreditasi Internasional ASIIN

Dalam rangka kegiatan visitasi akreditasi internasional ASIIN Batch III pada beberapa program studi (prodi) di lingkup Universitas Hasanuddin pada awal tahun 2022, FKM Unhas melakukan Focus Group Discussion (FGD) persiapan awal dan simulasi visitasi akreditasi ASIIN untuk Cluster C yang terdiri dari 3 prodi yakni S1, S2 dan S3 Kesehatan Masyarakat pada tanggal 11 Desember 2021.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Dekan FKM Unhas Dr Aminuddin Syam, SKM, M. Kes, M.Med.Ed. dihadiri oleh Para Wakil Dekan, Ketua dan Sekretaris Gugus Penjaminan Mutu (GPM), para ketua prodi S1, S2 dan S3 Kesehatan Masyarakat, ketua dan sekretaris departemen, para dosen, tim task force cluster C, stakeholder, alumni, mahasiswa S1, S2 dan S3 Kesehatan Masyarakat  serta tenaga kependidikan di Lingkup FKM Unhas.

Pada kegiatan ini dilakukan pemaparan Self Assesment Report (SAR)  cluster C oleh masing-masing Ketua Program Studi yang tergabung dalam cluster C yaitu criterion-1 The Degree Programme: Concept, Content and implementation serta criterion-2 The Degree Programme: Structures, Methods and Implementation disampaikan Kaprodi S1 Kesmas Dr Suriah, SKM, MKes.

- Iklan -
Baca Juga:  BEM Fakultas Psikologi Unibos Gelar Pelatihan Karya Tulis

Selanjutnya criterion-3  Exams: Systems, Concept and Organization dan criterion-4 Resources disampaikan oleh Kaprodi S2 Kesmas Prof Dr Masni, MSPH serta Criterion-5 Transparency and Documentation dan criterion-6 Quality Management: Quality Assesment and Development disampaikan oleh Kaprodi S3 Prof Dr Ridwan Amiruddin, SKM, MKes, MScPH.

Pemaparan ini dimaksudkan untuk memberikan sosialisasi awal kepada semua pihak baik dosen, mahasiswa, stakeholders, alumni dan tenaga kependidikan yang akan teribat pada proses visitasi nantinya.

- Iklan -

Pada kesempatan ini juga kegiatan diisi dengan pemberian lesson learn visitasi ASIIN  dari salah seorang tim task force Unhas Dr Rer nat Zainal, STP, M. FoodTech, yang dalam paparannya menyampaikan proses akreditasi ASIIN, serta hal-hal yang perlu dipersiapkan sehubungan dengan proses visitasi nantinya meliputi dokumen akademik, fasilitas, teknologi informasi, pertemuan dosen, mahasiswa, alumni dan stakeholder.

Baca Juga:  HMGF FMIPA Unhas Gelar Geofisika Peduli Sosial di Desa Lonjoboko

Ketua panitia kegiatan FGD Dr Wahiduddin, SKM., MKes. kemudian memandu proses simulasi visitasi dengan memaparkan jadwal, aktifitas, serta partisipan yang akan terlibat dalam kegiatan visitasi nantinya yang terjadwal selama 4 hari serta mengumpulkan saran dan masukan dari semua peserta dalam rangka persiapan serta rencana tindak lanjut dari kegiatan FGD yang telah dilakukan.

Akhirnya kegiatan FGD ditutup oleh Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sumber Daya  FKM Prof Dr Atjo Wahyu, SKM, M Kes yang berpesan kepada semua pihak untuk menjaga komitmen untuk bersama-sama mengawal dan mendukung kegiatan dan proses akreditasi internasional ASIIN di FKM Unhas.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU