Sunday, May 31, 2020

FKM Unhas Peduli Dampak Covid-19

- Advertisement -

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Menghadapi wabah Covid-19, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) tidak hanya memiliki tanggung jawab terhadap bagaimana menjaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat tetapi juga mengabdi di masyarakat terutama bagi kelompok yang kurang mampu, apalagi dengan kebijakan pemerintah tentang social distancing (menjaga jarak sosial), tentu ini tidak mudah diterapkan bagi mereka dimana mereka harus keluar rumah untuk mencari dan memenuhi kebutuhan.

Dekan FKM Unhas, Dr. Aminuddin Syam, SKM, M.Kes., M.Med.Ed. mengatakan bahwa salah satu upaya untuk membantu adalah dengan pemberian sembako bagi mereka yang kurang mampu.

Kegiatan ini dilakukan didasari oleh Deklarasi Unhas sebagai Humaniversity oleh Rektor. “Kampus harus menjadi salah satu harapan bagi masyarakat. Sivitas akademika Unhas perlu menyatu dengan masyarakat terutama ketika mengalami kegoncangan seperti yang terjadi saat ini,” terang Dekan.

Selain itu, lanjutnya, hal ini juga sebagai tindaklanjut himbauan Rektor bahwa setiap unit kerja diharapkan dapat berperan dalam pencegahan dan penanggulangan Covid-19.

Pihak yang menerima bantuan tersebut diantaranya tenaga pendidikan yang honorer, cleaning service, masyarakat di sekitar kampung kera-kera, santri di beberapa rumah tahfidz, istri dosen dalam lingkungan FKM Unhas yang sudah meninggal suaminya.

Paket Sembako yang diberikan berupa beras 10 liter, telur 30 biji, gula 1 liter, minyak goreng 1 liter dan ada juga pembagian masker kepada pekerja informal yang butuh perlindungan.

Donasi tersebut berasal dari dosen FKM, Alumni FKM, dan Simpatisan lainnya. “Sejak hari Jumat tanggal 27 Maret 2020 FKM membuka donasi berupa paket (satu paket setara Rp. 200.000) dan alhamdulillah terkumpul lebih 300 paket,” ungkapnya.

Selain bantuan seperti sembako, FKM juga tidak henti-hentinya memberikan edukasi kepada masyarakat melalui berbagai media untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dan menghindari terjangkit Covid-19.

Dekan FKM Unhas berharap, semoga bantuan tersebut bermanfaat bagi para penerima sehingga bisa mengurangi beban yang semakin hari semakin dirasakan oleh masyarakat terutama bagi mereka yang tidak berpenghasilan tetap.

“Kepada seluruh donatur semoga sumbangannya menjadi pencegah dari berbagai musibah dan menjadi amal kebajikan,” tutupnya. (FP)

- Advertisement -

TERKINI

Lantamal VI Terjunkan Pasukannya Sandarkan KRI Banda Aceh-593 Di Pelabuhan Hatta Makassar

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kapal Perang TNI AL yang panjangnya melebihi lapangan bola tiba di Makassar hari ini, Minggu (31/05/2020). Kapal perang...

IDAI Minta Sekolah Ditutup Sampai Desember 2020

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) ikut merespon wacana pembukaan sekolah seiring berakhirnya masa tanggap darurat Covid-19 pada 29 Mei 2020, serta berakhirnya...

Selamat! UIN Alauddin Peringkat Ketiga Paling Diminati di UMPTKIN 2020

Gowa, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pemeringkatan peminat Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) 2020 untuk pilihan pertama menempatkan UIN Alauddin Makassar diurutan...

Pemudik Asal Bone Ingin Balik ke Jakarta Ternyata Positif Covid-19

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Seorang warga dari Desa Pattimpa Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone, yang hendak balik ke Jakarta ternyata terkonfirmasi Positif Covid-19, Sabtu (30/5/2020).

REKOMENDASI