Dosen FKM Unhas Jadi Fasilitator Penyusunan Draf Regulasi Terkait Stunting Kabupaten Maros

Dinas Kesehatan Kabupaten Maros mengadakan Pertemuan Penyusunan Draf Regulasi Terkait Stunting termasuk dokumen strategi komunikasi perubahan perilaku untuk percepatan penurunan stunting daerah Kabupaten Maros, Selasa, 1 November 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Grand Town Mandai dan dibuka oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kab. Maros, A Fitriany Nur, SKM.

Lintas sektor yang terlibat dalam penyusunan regulasi daerah terkait stunting ini yaitu Kepala Puskesmas, Bapelitbangda, DP3ADalduk KB, Dinas Pekerjaan Umum, Kemenag Kab. Maros, Dinas Pendidikan, Dinas Perikanan, dan PKK.

Dinas Kesehatan Kabupaten Maros menghadirkan dosen FKM Unhas sebagai fasilitator yakni Prof Yahya Thamrin, SKM, MKes, MOHS, PhD dan Muhammad Rachmat, SKM, MKes.

BACA JUGA :   FKM Unhas Gelar Kuliah Umum dan Diskusi Partnership dengan Kepala Konsuler Jepang di Makassar
- Advertisement -

Penyusunan regulasi stunting daerah diadakan sebagai upaya percepatan penurunan stunting yang merupakan salah satu program prioritas nasional pemerintah.

“Regulasi dan dokumen strategi komunikasi perubahan perilaku ini sebagai dasar bagi stakeholders dalam melakukan berbagai upaya untuk percepatan penurunan stunting di daerah,” jelas Prof. Yahya Thamrin.

“Stunting sangat terkait dengan perilaku, dan perilaku ini tidak bisa diubah dengan mudah.

Maka diperlukan strategi komunikasi yang tepat kepada masyarakat sesuai konteks lokal agar kelompok sasaran menjadi paham tentang stunting, penyebab, dan dampaknya,” lanjut Prof. Yahya Thamrin yang juga merupakan putera daerah Maros.

Sementara itu, Muhammad Rachmat, SKM, MKes selaku fasilitator kedua menjelaskan proses penyusunan dokumen, dimulai dengan penjelasan singkat tentang dokumen strategi komunikasi, sasaran kunci pencegahan stunting, dan media KIE kesehatan.

BACA JUGA :   Tim Pengusul UNM dan UMI Laksanakan Matching Fund di Desa Bontominasa

“Penyusunan dokumen dimulai dengan pengisian matriks secara berkelompok. Hasil kerja kelompok selanjutnya direview oleh kelompok lain secara bergiliran.

Proses ini menggunakan metode gallery walk,” jelas Muhammad Rachmat, MKes.

“Kita juga telah mengumpulkan informasi dari pengelola program di Puskesmas melalui pengisian kuesioner online sebagai bahan pengayaan.

Dengan demikian, dokumen yang akan dihasilkan betul-betul bisa diimplementasikan dan bersifat spesifik lokal,” tutup Muhammad Rachmat, MKes yang juga dosen di Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku FKM Unhas.

Bagikan

BACA JUGA:

FKM Unhas Ajak Ibu-ibu Tingkatkan Imun, Tangkal Covid 19

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin melaksanakan pengabdian pada masyarakat oleh Dosen dan Mahasiswa FKM Unhas dengan tema “Ibu Hebat, Tangkal Covid-19 dengan...

LPM Penalaran UNM Gelar Seminar Proposal Penelitian Peserta PMP XXIV

FAJARPENDIDIKAN.co.id - LPM Penalaran UNM atau Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran Universitas Negeri Makassar mengadakan Seminar Proposal Penelitian Peserta PMP XXIV pada 24 Oktober 2021...

Test Center CPA Unifa Kembali Gelar Ujian Sertifikasi Auditor Profesional

Test Center CPA (Certified Public Accountant) Universitas Fajar kembali menggelar ujian Certificate in Teaching Audit (CTA). Kegiatan ini bekerjasama dengan Institut Akuntan Publik Indonesia...

WR III UIN Alauddin Adakan TOT Gender dan Radikalisme

Makassar, FajarPendidikan.co.id - Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UIN Alauddin Makassar, Prof St Aisyah melaksanakan Training Of Trainer (TOT) Gender dan Radikalisme yang...

KKI Tinjau Kesiapan FKG Unhas Buka Spesialis Ortodonti

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Dalam rangka mempersiapkan pembukaan Program Studi Spesialis Ortodonti, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin (FKG Unhas) menerima visitasi Konsil Kedokteran Indonesia (KKI)....

POPULER

Pemdes Ganra Raih Penghargaan IDM Dari Gubernur

SOPPENG - Penghargaan yang diterima Pemdes Ganra yakni status desa mandiri per kabupaten dengan Indeks Desa Membangun (IDM) tertinggi se Sulawesi Selatan Tahun 2022. Pemerintah...