Gelar Pelatihan Komunikasi Kesehatan Batch 6, Dekan FKM Unhas Harap Terjalin Kolaborasi Atasi Masalah Kesehatan

FAJAR Pendidikan

Kegiatan Pelatihan Komunikasi Kesehatan Batch 6 yang dilaksanakan di Hotel The Rinra Makassar Selasa 13 September 2022 dibuka oleh Prof Sukri Palutturi, SKM MKes MScPH PhD Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas).

Dalam sambutannya, Prof Sukri menyampaikan terima kasih kepada Pihak Indonesia One Health University Network (INDOHUN) karena telah memfasilitasi pelatihan ini.

“Semoga dengan melalui pelatihan ini diharapkan kolaborasi antara fakultas dapat terjalin untuk mengatasi masalah kesehatan,” tutur Prof Sukri.

Sementara itu, Dr drh (Vet) Joko Pamungkas, MSc perwakilan dari INDOHUN menyampaikan bahwa kegiatan ini didukung oleh USAID dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Pelatihan Komunikasi Kesehatan ini bertajuk “Mengubah Tulisan Ilmiah Menjadi Tulisan Populer” yang ditujukan bagi para dosen perguruan tinggi.

BACA JUGA :   Memperluas Jejaring HI dan Pengetahuan Kedokteran FKIK Unismuh Makassar Gelar Kegiatan Kolaborasi

“Dosen yang memiliki kewajiban dalam penelitian ilmiah perlu memiliki keterampilan untuk mengemas penelitian ilmiah menjadi tulisan populer yang lebih mudah dipahami, mudah dibaca, menarik, dan tetap informatif bagi masyarakat,” terang Joko Pamungkas.

Menurutnya, pelatihan ini sangat penting dilakukan sehingga penelitian-penelitian rumpun kesehatan tidak hanya bertumpuk di perpustakaan dan tidak hanya dimengerti oleh orang-orang yang memiliki latar belakang yang sepadan dengan penelitian.

Namun juga dapat dimengerti oleh masyarakat luas yang memiliki latar belakang yang berbeda, sehingga menambah pengetahuan masyarakat dan diharapkan dapat mengubah perilaku masyarakat menjadi lebih peduli terhadap kesehatan.

BACA JUGA :   Peringati Dies Natalis ke-40, FKM Unhas Gelar Lomba Tartil A-Qur’an

Hal ini juga dapat menekan jumlah berita, informasi, dan isu-isu tidak benar yang beredar di masyarakat.

Fasilitator dalam pelatihan ini dr Dian Puspita Sari, M Med Ed dari Fakultas Kedokteran Universitas Mataram dan Dr Ir Firman Kurniawan, MSi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia.

Pelatihan ini dihadiri oleh kurang lebih 40 orang dosen-dosen muda Fakultas Kesehatan Masyarakat;

Fakultas Kedokteran dari 3 prodi  yakni prodi Kedokteran, Kedokteran Hewan, dan Psikologi;

Fakultas Keperawatan dengan dengan 2 prodi yakni keperawatan dan fisioterapi;

Fakultas Farmasi, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Peternakan.

Bagikan:

- Advertisment -
REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -