Mahasiswa Bulukumba Berinovasi Ciptakan Obat Kanker Kolorektal

FAJAR Pendidikan

Mahasiswa Bulukumba (Alda Ulaldi) yang sedang menjalani pendidikan di perguruan tinggi ternama di Universitas Halu Oleo Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara mengikuti ajang Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Riset Ekstakta (PKM-RE).

Tim tersebut terdiri atas Alda Ulaldi (Bioteknologi, 2020), Anton (Bioteknologi, 2018), Mathilda Theressa Gultom (Bioteknologi, 2019) dan Alyzha Zaulya (Farmasi, 2020) berupaya untuk menciptakan obat untuk penyakit kanker kolorektal.

BACA JUGA :   LPM Penalaran UNM Gelar Sidang Pleno Harian 2022, Berlansung Tiga Hari

Program penelitian ini didanai menggunakan dana hibah penelitian PKM Belmawa (Ristekdikti).

Menurut Alda Ulaldi, penyakit kanker kolorektal menyumbang kematian ke-4 terbesar di dunia. Sehingga dengan menciptakan obat untuk kanker kolorektal akan sangat membantu program Sustainable Development Goals (SDGs)

Obat yang ingin dihasilkan berasal dari bahan alam laut mikroalgae jenis Arthrospira platensis. Arthrospira platensis mengandung fikosianin yang secara signifikan dapat menghambat sel kanker kolorektal.

BACA JUGA :   FKM Unhas Kembali Gelar Kuliah Tamu dengan Topik Health City

Penelitian ini dilakukan dengan metode nanoenkapsulasi, “saya harap kedepannya pemanfaatan bahan alam untuk bidang kesehatan semakin ditingkatkan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli hingga Agustus 2022,” kata Alda Ulaldi.

Bagikan:

- Advertisment -
REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -