Gempa Turki 7.8 skala Richter, Bagaimana Nasib Masjid Biru Hagia Sophia?

Gempa Turki yang berkekuatan 7,8 skala Richter di Turki selatan dan Suriah utara meluluh lantakkan ratusan bagunan daerah tersebut, getaran ini masih dalam jangkauan lokasi Masjid Biru Hagia Sophia.

Korban tewas akibat akibat gempa Turki dan Suriah ini diprediksi mencapai 500 orang. Tak hanya korban jiwa, bangunan sejarah masjid Yeni pun mengalami kerusakan pada bagian tembok luar, yang jaraknya tidak jauh dari Masjid Biru Hagia Sophia.

BACA JUGA:  10 Twibbon Hari Perempuan Sedunia 2023 dan Link Download
-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Untungnya, gempa Turki tidak merusak salah satu situs sejarah yakni Masjid Biru Hagia Sophia yang awalnya gereja yang dibangun pada 537 masehi.

Masjid Biru atau Hagia Sophia adalah sebuah bangunan bersejarah yang terletak di Istanbul, Turki. Awalnya dibangun sebagai gereja pada tahun 537 Masehi selama masa Kekaisaran Bizantium.

BACA JUGA:  Profil dan Perjalanan Greta Thunberg dalam Perangi Masalah Perubahan Iklim

Dan saat Konstantinopel jatuh ke tangan Sultan Ottoman pada 1453, kemudian diubah menjadi masjid. Hagia Sophia memiliki arsitektur yang unik dan mempesona, dengan dinding-dinding berwarna putih dan kubah-kubah emas yang menonjol.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Terdapat juga tiga mihrab besar yang mempermanis interior masjid, serta dekorasi yang indah yang meliputi lukisan, mozaik, dan hiasan lainnya.

 

Bagikan