Wednesday, July 8, 2020

GenBI UNM Adakan Lomba Essai dan Talkshow Nasional

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id-Generasi Baru Indonesia Komisariat Universitas Negeri Makassar (GENBI KOMISARIAT UNM) mengadakan Economic Forum and National Essay Competition (EFORNEC) 2019 pada Minggu, 08 Desember 2019 di Hotel Lamacca, Makassar, Sulawesi Selatan.

EFORNEC merupakan kegiatan besar dari GenBI Komsat UNM yang dilaksanakan tingkat nasional. Kegiatan yang diawali dengan presentasi dari finalis lomba essai yang diikuti peserta dari Universitas Ahmad Dahlan dari Yogyakarta, Universitas Dian Nuswantoro dari Semarang, IPB University dari Bogor, UIN Alauddin Makassar serta Universitas Hasanuddin dari Makassar itu berlangsung meriah.

Juri dalam kegiatan lomba essai berasal dari Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel, Dosen Ahli dari Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar, Alumni LPDP yang ahli dibidang penulisan, alumni GenBI yang ahli dibidang penulisan, serta Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel.

Selanjutnya, setelah presentasi lomba, kegiatan dilanjutkan dengan Talkshow Economic Forum yang bertajuk “Kemunduran Ekonomi Maritim, Sulawesi Selatan dimasa depan dan tantangan mengembalikan Kejayaan”.

Kegiatan Talkshow dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi UNM Prof Dr H Muhammad Azis M Si dan menghadirkan Murhama SE M Si dari Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel, Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel, Ketua Prodi MM PPs. STIE Amkop Makassar serta Duta Maritim Indonesia 2017, Koordinator Paguyuban Putrera-Puteri Maritim Sulsel sebagai pemateri. 

“Sulsel memiliki pertumbuhan yang besar, salah satu penyebab dari pertumbuhan ini adalah komsumsi rumah tangga. Jadi bisa dikatakan bahwa komsumsi di Sulsel cukup besar. Adapun solusi untuk hal ini adalah inovasi dan kretifitas,” ujar Dr Hasmin Tamsah SE M Si, ketua Prodi MM PPs. STIE Amkop Makassar.

“Diharapkan agar kedepannya masyarakat Sulsel pula bisa lebih meningkat pengolahan dan tidak hanya menjadi masyarakat konsumtif,” lanjutnya.

Selanjutnya, setelah kegiatan talkshow selesai dilanjutkan dengan pengumuman juara lomba essai. Adapun juara-juaranya adalah juara pertama dari Universitas Ahmad Dahlan, juara kedua dari IPB University, dan juara ketiga dari UIN Alauddin Makassar.

“Kegiatan lumayan buat aku senang karena panitianya baik-baik, ada yang kocak, ada yang humoris, dan mungkin bisa diperbaiki lagi deadlinenya soalnya untuk urusa dana ke universita juga lama. Terus pokoknya acaranya asik,” ujar finalis dari Universitas Ahmad Dahlan. [Asmiati]

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

Tiga Peserta UTBK Berkebutuhan Khusus Ikut Ujian di UNM Makassar

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Tiga peserta Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) dengan berkebutuhan khusus mengikuti ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)...

Pendaftaran UMPTKIN 2020 Ditutup, UIN Alauddin Peringkat Pertama Kampus Paling Diminati

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun 2020 telah resmi ditutup pada Minggu (5/7/2020). Dari...

Pustakawan dan Organisasinya

REFLEKSI HUT IPI KE 47 | 7 JULI 1973 -  7 JULI 2020Oleh: Tulus Wulan Juni (Pustakawan Madya Dinas Perpustakaan Kota Makassar)

Dosen Unhas Segera Lakukan Rapid Test, Berikut Jadwalnya

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Upaya melakukan pemutusan rantai penularan Covid-19, sebanyak 1.652 dosen Universitas Hasanuddin dari seluruh fakultas dan program studi akan segera...

Dear Mahasiswa, Ini Syarat Penerima Bantuan Keringanan Biaya Kuliah di Masa Pandemi

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Pemerintah mengeluarkan aturan keringanan uang kuliah tunggal bagi mahasiswa yang terkena dampak Covid-19. Melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 25 Tahun...

REKOMENDASI