Gerakan Pangan Murah Jadi Solusi Warga Barru

**BARRU** – Plt Ketua PKK Barru, drg. Hj. Ulfah Nurul Huda S, MARS, meluncurkan Gerakan Pangan Murah (GPM) di Aula Kantor Camat Soppeng Riaja, Kabupaten Barru, pada Senin (20/05/2024).

Dalam sambutannya, drg. Hj. Ulfah Nurul Huda menjelaskan bahwa GPM diinisiasi oleh Pemkab Barru melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, TP PKK Kabupaten Barru, bekerja sama dengan Perum BULOG Cabang Parepare. Inisiatif ini bertujuan untuk mengendalikan inflasi serta menstabilkan pasokan dan harga pangan di Kabupaten Barru.

Ulfah menambahkan bahwa pelaksanaan GPM juga merupakan tindak lanjut dari instruksi Kemendagri dan Pj. Gubernur Sulsel, di mana kegiatan serupa telah dilaksanakan di tingkat Kabupaten beberapa bulan lalu.

- Iklan -

“Hari ini, kita gelar di Soppeng Riaja setelah sebelumnya dilaksanakan di Kecamatan Tanete Rilau dan Tanete Riaja. Gerakan ini merupakan upaya pemerintah untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok dengan harga terjangkau,” ujar Ulfah.

Baca Juga:  Dugaan Cawe-Cawean Pejabat di BKD Sulsel dalam Seleksi KPID

Pemkab Barru mendapat apresiasi dari Pemrov Sulsel atas konsistensi dalam melaksanakan GPM secara mandiri, yang tidak terlepas dari arahan Bupati Barru dan dukungan BULOG Parepare.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada BULOG Parepare atas dukungannya dalam pelaksanaan GPM di Kabupaten Barru. Kami berharap GPM ini dapat menjaga perekonomian masyarakat dengan memastikan ketersediaan dan pasokan bahan pokok sehari-hari,” tambah Ulfah.

- Iklan -

Dalam acara tersebut, Ulfah mengajak masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan mendapatkan bahan pokok dengan harga lebih murah dari harga pasar dengan kualitas terjamin, tanpa syarat dan batasan.

Ulfah juga memotivasi TP PKK untuk mengoptimalkan 10 Program PKK guna mendukung GPM dan membantu pemerintah menjaga ketahanan pangan. “Mari bersama manfaatkan lahan pekarangan yang kosong untuk ditanami dan kembangkan usaha peningkatan pendapatan keluarga atau pemberdayaan lainnya,” ujarnya.

Baca Juga:  Polisi Amankan 6 Pelajar di Ulaweng Bone

Sebelumnya, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barru, Ir. Ahmad, MM, menyebutkan bahwa inflasi di Kabupaten Barru saat ini berada di angka 0,22% berkat pelaksanaan GPM di tingkat Kabupaten dan Kecamatan. Ia juga menyatakan komitmennya untuk terus bekerja sama dengan BULOG Parepare dalam menyiapkan stok untuk pelaksanaan GPM.

- Iklan -

Acara tersebut dihadiri oleh Asisten 2 Setda Barru, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kabag Ekonomi Setda Barru, Camat Soppeng Riaja, Danramil Soppeng Riaja, Kapolsek Soppeng Riaja, Junior Sales Bulog Parepare, Kapus Mangkoso, Ketua BPP Kecamatan Soppeng Riaja, pengurus TP PKK Kabupaten Barru, Ketua TP PKK Kecamatan Soppeng Riaja, para kepala desa dan lurah se-Kecamatan Soppeng Riaja, serta masyarakat Soppeng Riaja.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU