Wednesday, August 5, 2020

Pemkab Barru Tercepat Terapkan Elektronik Transaksi

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru selangkah lebih cepat lagi dalam hal digitalisasi pembayaran di masyarakat. Di bawah kepemimpinan Suardi Saleh-Nasruddin AM, daerah berjuluk “Kota Hibridah” itu sudah menerapkan elektronik transaksi pemerintah atau transaksi pembayaran non tunai.

Respon cepat Pemkab Barru tersebut diketahui saat Sekda Barru Abustan bersama para Pimpinan OPD Barru mengikuti seminar virtual percepatan tranksasi non tunai atau elektronik di lingkungan pemerintah kabupaten/kota dan digitalisasi pembayaran masyarakat yang digelar Kemendagri dan Kemenko Perekonomian RI, di Ruang Barru Smart Information Center (Basic), Kantor Bupati Barru, Jalan Sultan Hasanuddin, Coppo Barru, Kabupaten Barru, Rabu 8 Juli 2020.

Diketahui dari Sekda Barru Abustan bahwa, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Perekonomian, Iskandar Simorankir yang membuka seminar virtual ini, menyampaikan bahwa ETP bertujuan untuk mengubah transaksi pendapatan dan belanja pemerintah daerah dari tunai menjadi non tunai berbasis digital. Sekaligus meminimalisir kebocoran anggaran.

“ETP juga diharapkan mendorong integrasi ekonomi dan keuangan digital pada tingkat nasional dan daerah mencakup transaksi Government to Government seperti pusat ke daerah bahkan sampai ke desa,” urainya.

Selain itu menurut Iskandar Simorankir, lanjut Abustan, ETP mendorong percepatan koordinasi pemerintah pusat dalam melakukan transaksi keuangan secara digital dan sangat bermanfaat.
Sementara Dirjen Bina Keuangan Daerah, Hendarwan saat memberikan pengarahan, menyampaikan mengenai akses pusat dan daerah harus semakin cepat.

” Termasuk dalam mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Diberi amanah berjuang untuk PAD agar kondisi masyarakat dan pembangunan menuju new normal dan bagaimana mengoptimalkan PAD disatu daerah. Pemerintah Daerah harus berdasarkan dan kajian analisa dari penyusunan RKAD daerah. Kedepan akses antara pusat dan daerah semakin cepat,” terangnya.

Lebih jelas Abustan juga menambahkan bahwa, Elektronik Transaksi Daerah (ETP) terus dimaksimalkan oleh Pemkab Barru. Bahkan sejauh ini tak ada kendala berarti yang ditemukan dalam penerapannya.

“Alhamdulillah dalam pelaksanaan ETP hampir tak ditemui kendala berarti. Dan kalaupun ada sesegera mungkin diselesaikan dengan baik,” kata Abustan.

Lebih lanjut mantan Kadis Pendidikan dan Kepala Bappeda Barru itu, mengurai kalau di seminar virtual yang menghadirkan pemerintah kabupaten/kota tersebut, diminta untuk melakukan percepatan dan perluasan transaksi pembayaran non tunai.

”Hal itu dimaksudkan guna mendukung pertumbuhan ekonomi di pusat dan daerah, serta inklusivitas ekonomi di daerah,” imbuhnya.

Begitu juga pemerataan kesejahteraan, meningkatkan kualitas pelayanan publik dan percepatan dalam transaksi keuangan. Seminar ini diikuti sejumlah pemerintah kabupaten/kota se-Indonesia,” pungkasnya.

Reporter : Abd Latif Ahmad

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

Dorong Mahasiswa Lakukan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Minta Dukungan Rektor IAIN Bone

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bone Hj Jumriah lakukan audiensi rencana Workshop terkait sosialisasi pengawasan Pemilu dengan Rektor IAIN...

Persiapan Panen Raya dan Vicon Dengan Kasal, Wadan Lantamal VI Tinjau Lahan Ketahanan Pangan Karuwisi

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Makassar, Wakil Komandan (Wadan) Kolonel Laut (P) Baroyo Eko Basuki, S.H, M.M melaksanakan kunjungan ke lahan ketahanan pangan Karuwisi Lantamal...

Wisuda Purna Tugas Wujud Penghormatan Lanal Kendari Terhadap Jasa-Jasa Perwiranya Selama Berdinas Di TNI AL

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kendari, Selasa, (04/08/2020) Lanal Kendari mengadakan Upacara Wisuda Purna Tugas dan Acara Tradisi Pelepasan yang dikemas secara menarik dan mengharukan...

Irjen Pol Merdisyam Ditunjuk Jadi Kapolda Sulsel

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kepala Kepolisian Republik IndonesiaJenderal Idham Azis mutasi Kapolda Sulsel Irjen Mas Guntur Laupe, digantikan Irjen Pol Merdisyam.Kapolri, Jenderal Idham Azis...

SMP Islam Athirah 1 Makassar Edukasi Siswa Perihal Esensi Kurban Melalui Webinar

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kegiatan kurban merupakan salah satu agenda tahunan yang dilaksanakan oleh SMP Islam Athirah 1 Makassar. Kegiatan kurban tahun ini dibagi...

REKOMENDASI