- Advertisement -

Hasnah Syam Sosialisasikan Penggunaan Obat dan Makanan Bersama BBPOM

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Anggota DPR RI Hasnah Syam bersama Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Sulsel lakukan sosialisasi pemberdayaan masyarakat, melalui komunikasi informasi, terkait obat-obat tradisional, kosmetik dan pangan.

Hasnah Syam yang memang membidangi masalah kesehatan di DPR, yakni anggota Komisi IX yang dinilai sangat tepat untuk dihadirkan. Selain punya kedekatan emosional dengan warga Barru, juga kapasitas yang dimiliki untuk bersama memberikan edukasi kepada warga.Acara berlangsung di aula PKG , selasa 28/7/20.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Di depan warga, Hasnah yang tak lain adalah ketua TP PKK Barru, terlebih dahulu menyampaikan jika kegiatan seperti ini sangat penting untuk diikuti warga, karena bisa memahami persoalan yang terkait dengan obat-obatan, kosmetik, maupun makanan. Sebab jangan sampai hanya dikonsumsi, tapi tidak mengetahui dampak yang ditimbulkan.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat, dimana melalui sosialisasi seperti ini, bisa memberikan informasi kepada masyarakat tentang produk obat, obat tradisional, kosmetik, pangan yang aman dikonsumsi dan digunakan,” kata Hasnah Syam kepada warga.

BACA JUGA:  Legislator PAN Makassar Gelar Sunat Massal di Kediamannya

Istri dari Bupati Barru Suardi Saleh ini menambahkan, masih banyak masyarakat belum memahami bagaimana cara mengosumsi dan menggunakan produk obat, obat tradisional, kosmetik, dan pangan yang aman. Karena itu, sosialisasi ini diharapkan bisa membantu warga.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Selain itu, Hasnah Syam juga menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat yang dinilainya punya kepatuhan terhadap standar protokol kesehatan mengenai Covid-19. Terbukti, Barru masuk kategori rendah mengenai penularan virus itu di Indonesia.

Meski demikian, anggota DPR dari Fraksi Nasdem ini tetap menghimbau kepada warga untuk selalu waspada, dan terus mematuhi standar protokol kesehatan. Sebab penyaluran virus itu masih mengancam jika kita abai dan lengah.

Berdasarkan pantauan, di sosialisasi BBPOM ini, disamping menghadirkan Hasnah Syam, juga mengundang beberapa narasumber terkait. Seperti Pengawas Farmasi Makanan Ahli Madya dari BBPOM Sulsel, Adilah Pababbari, dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barru dr Amiz Rivai.

Adilah yang juga datang mewakili Kepala BBPOM Sulsel, mengurai, sosialisasi merupakan bagian menjaga keamanan makanan, kosmetik, maupun obat, dan obat tradisional.

BACA JUGA:  Serunya Murid SD di Lutim Ikut English Class yang Digelar Dinas Perpustakaan

“Menjadi himbauan kepada masyarakat agar berhati-hati menggunakan obat tanpa resep dokter. Apalagi obat Ilegal dan obat palsu. Obat Ilegal adalah obat yang tidak memiliki ijin produksi. Dan obat palsu, yaitu membuat obat sama dengan aslinya. Begitu pula kosmetik yang terbuat dari bahan racikan yang bisa merusak bagian wajah atau tubuh bagian luar manusia,” paparnya.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Ia berharap dengan berbagai penjelasan yang disampaikan melalui sosialisasi ini dapat melakukan antisipasi dini demi kesehatan kita semua. Termasuk warga yang hadir, bisa menyampaikan ke para tetangganya.

Sementara Amiz Rivai lebih fokus menyosialisasikan tentang penggunaan obat. Seperti harus teliti membedakan obat yang asli dan palsu, serta racikan. Begitu pun dalam membedakan kemasan obat yang baik dan tak layak digunakan.

Selain itu, pihaknya bersama BBPOM berkomitmen untuk berperan aktif melakukan pencegahan terhadap bahan makanan dan obat-obatan yang beredar di masyarakat.

laporan Rus/Humas

Bagikan

BACA JUGA:

Bupati Barru Safari Jumat Di Mate’ne

Barru, FAJARPENDIDIKAN co.id - Masjid Mujtahid, Mate'ne, Kelurahan Tanete, Kecamatan Tanete Rilau, menjadi saksi kedekatan hubungan Ulama, Umara, dan Masyarakatnya, benar-benar tanpa sekat. Jumat...

Bupati Bone Harap Pemilih Pemula Betul-betul Tercerahkan

Bone, FAJARPENDIDKAN.co.id - Pemerintah Kabupaten Bone Sulawesi Selatan berharap kalangan pemilih pemula agar betul-betul mendapatkan pencerahan dalam rangka pesta demokrasi pada April mendatang. Hal tersebut disampaikan...

Update Klasemen SEA Games 2022, Indonesia Posisi Kelima

Indonesia ada di posisi kelima klasemen SEA Games 2021 pada Senin (16/5) malam. Berikut klasemen SEA Games. Indonesia ada di posisi kelima dengan torehan 23...

Viral Pernikahan di Bawah Umur, Ini Penjelasan Kedua Orangtuanya

WAJO - Pernikahan anak di bawah umur di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan menjadi perhatian dan di Media Sosial (Medsos). Kedua mempelai yakni MF (15)...

Hasnah Syam Bersama Ketua Nasdem Provinsi Sulsel Memberikan Bantuan Traktor Kepada Kelompok Tani di Kab.Barru

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id– Dalam rangka meningkatkan produksi, produktivitas menuju pertanian maju, mandiri, dan modern, Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo melalu Pemerintah Kabupaten Barru Menyerahkan...

POPULER