Sunday, September 20, 2020

Hasnah Syam Sosialisasikan Penggunaan Obat dan Makanan Bersama BBPOM

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Anggota DPR RI Hasnah Syam bersama Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Sulsel lakukan sosialisasi pemberdayaan masyarakat, melalui komunikasi informasi, terkait obat-obat tradisional, kosmetik dan pangan.

Hasnah Syam yang memang membidangi masalah kesehatan di DPR, yakni anggota Komisi IX yang dinilai sangat tepat untuk dihadirkan. Selain punya kedekatan emosional dengan warga Barru, juga kapasitas yang dimiliki untuk bersama memberikan edukasi kepada warga.Acara berlangsung di aula PKG , selasa 28/7/20.

Di depan warga, Hasnah yang tak lain adalah ketua TP PKK Barru, terlebih dahulu menyampaikan jika kegiatan seperti ini sangat penting untuk diikuti warga, karena bisa memahami persoalan yang terkait dengan obat-obatan, kosmetik, maupun makanan. Sebab jangan sampai hanya dikonsumsi, tapi tidak mengetahui dampak yang ditimbulkan.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat, dimana melalui sosialisasi seperti ini, bisa memberikan informasi kepada masyarakat tentang produk obat, obat tradisional, kosmetik, pangan yang aman dikonsumsi dan digunakan,” kata Hasnah Syam kepada warga.

Istri dari Bupati Barru Suardi Saleh ini menambahkan, masih banyak masyarakat belum memahami bagaimana cara mengosumsi dan menggunakan produk obat, obat tradisional, kosmetik, dan pangan yang aman. Karena itu, sosialisasi ini diharapkan bisa membantu warga.

Selain itu, Hasnah Syam juga menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat yang dinilainya punya kepatuhan terhadap standar protokol kesehatan mengenai Covid-19. Terbukti, Barru masuk kategori rendah mengenai penularan virus itu di Indonesia.

Meski demikian, anggota DPR dari Fraksi Nasdem ini tetap menghimbau kepada warga untuk selalu waspada, dan terus mematuhi standar protokol kesehatan. Sebab penyaluran virus itu masih mengancam jika kita abai dan lengah.

Berdasarkan pantauan, di sosialisasi BBPOM ini, disamping menghadirkan Hasnah Syam, juga mengundang beberapa narasumber terkait. Seperti Pengawas Farmasi Makanan Ahli Madya dari BBPOM Sulsel, Adilah Pababbari, dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barru dr Amiz Rivai.

Adilah yang juga datang mewakili Kepala BBPOM Sulsel, mengurai, sosialisasi merupakan bagian menjaga keamanan makanan, kosmetik, maupun obat, dan obat tradisional.

“Menjadi himbauan kepada masyarakat agar berhati-hati menggunakan obat tanpa resep dokter. Apalagi obat Ilegal dan obat palsu. Obat Ilegal adalah obat yang tidak memiliki ijin produksi. Dan obat palsu, yaitu membuat obat sama dengan aslinya. Begitu pula kosmetik yang terbuat dari bahan racikan yang bisa merusak bagian wajah atau tubuh bagian luar manusia,” paparnya.

Ia berharap dengan berbagai penjelasan yang disampaikan melalui sosialisasi ini dapat melakukan antisipasi dini demi kesehatan kita semua. Termasuk warga yang hadir, bisa menyampaikan ke para tetangganya.

Sementara Amiz Rivai lebih fokus menyosialisasikan tentang penggunaan obat. Seperti harus teliti membedakan obat yang asli dan palsu, serta racikan. Begitu pun dalam membedakan kemasan obat yang baik dan tak layak digunakan.

Selain itu, pihaknya bersama BBPOM berkomitmen untuk berperan aktif melakukan pencegahan terhadap bahan makanan dan obat-obatan yang beredar di masyarakat.

laporan Rus/Humas

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Awali Kepengurusan, LD Al-‘Aafiyah FKM Unhas Gelar Daurah Pengurus

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Lembaga Dakwah Al-'Aafiyah FKM Unhas melaksanakan daurah pengurus pada hari sabtu, 19 September 2020. Kegiatan ini dilaksanakan melalui  zoom cloud...

Kapolres Barru Serukan Pilkada Damai 2020, Di Takkalasi

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Barru AKBP Welly Abdillah, menyerukan Pemilukada Damai, saat menggelar kegiatan Sosialisasi Pilkada Damai 2020 dan...

Danyonmarhanlan VI Hadiri Rakor Pemilu dan Peningkatan Disiplin Protokol Kesehatan Pemkot Makassar

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Komandan Batalion Marinir Pertahanan Pangkalan VI (Danyonmarhanlan VI) Letnan Kolonel Marinir Gigih Catur Pramono, S.H, M.T.r. Opsla menghadiri Rapat...

Sekolah Islam Athirah Berikan Penghargaan Guru dan Karyawan Berprestasi

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Islam Athirah kembali memberikan apresiasi kepada guru dan karyawan berprestasi. Pengumuman apresiasi bertajuk Human Capital Award 2020 itu dilaksanakan...

Luar Biasa, Guru TK Islam Athirah 2 ini Raih Penghargaan The Best Teacher

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Islam Athirah (SIA) menggelar kegiatan forum jumat pada hari Jumat, 18 September 2020. Kegiatan forum jumat kali ini berbeda...

REKOMENDASI