Hidup Adalah Belajar

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2024, maka kami menurunkan naskah berikut yang berjudul, “Hidup Adalah Belajar”.

Hidup itu, harus banyak belajar, agar kita bisa mengambil banyak hikmah :

*Belajar bersabar dari sebuah kemarahan.

- Iklan -

*Belajar mengalah dari sebuah keegoisan.

*Belajar tersenyum dari suatu kesedihan.

*Belajar tegar dari suatu kehilangan.

- Iklan -

Dari Anas Ibnu Malik RA Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, ” Menuntut ilmu itu, adalah kewajiban bagi setiap orang Islam” (HR Ibnu Majah).

Hidup Adalah Belajar

-Belajar bsrsyukur, meskipun tak puas.

- Iklan -

-Belajar ikhlas, meskipun tak rela.

-Belajar taat meskipun berat.

-Belajar memahami, meskipun tak sehati.

-Belajar sabar, meski terbebani.

-Belajar memberi, meski tak seberapa.

-Belajar mengasihi meski tersakiti.

-Belajar tenang, meski gelisah.

Baca Juga:  Arthur Fischer, Pemegang 1.100 Lebih Hak Paten

-Belajar percaya, meski susah.

-Belajar tabah, meski cobaan menerpa.

Hidup tidak selamanya indah. Kadang Allah menyapa kita, melalui derita. Tetapi kita tahu bahwa Allah tidak pernah meninggalkan kita. Oleh sebab itu, belajar menikmati hidup dengan bersyukur.

Hidup mesti banyak belajar. Karena tidak semua yang kita harapkan, akan menjadi kenyataan. Kadang Allah membelokkan rencana kita. Tetapi kita tahu bahwa itu lebih baik dari yang kita rencanakan. Kita harus menerima semua itu, dengan suka cita.

Belajar Bersabar

Kita harus belajar, bahwa cobaan itu pasti akan datang dalam hidup kita. Dan sudah seharusnya kita tidak mau dipengaruhi oleh setan untuk marah dan emosi.

Selanjutnya kita juga tidak mau menyalahkan orang lain. Juga tidak mungkin berkata, “bahwa Allah tidak adil” Karena kita tahu bahwa semua itu, tidak akan melampaui batas kekuatan kita. Sebab itu kita harus belajar menghadapinya dengan sabar.

Baca Juga:  Arthur Fischer, Pemegang 1.100 Lebih Hak Paten

Kita mesti belajar bahwa tidak ada kejadian yang harus disesali dan ditangisi. Karena semua rancangan Allah selalu indah bagi kita.

Maka dari itu, kita memang harus belajar bersabar, bersyukur bersuka cita dalam segala perkara. Karena semua itu menyehatkan jiwa dan menyehatkan hidup kita.

Kandungan QS. Al Mujahidah: 11 serta hadist terkait, Menjelaskan keutamaan orang-orang beriman dan berilmu pengetahuan.

Sedangkan QS Ar Rahman :33 menjelaskan pentingnya ilmu pengetahuan. Maka ayat ini menegaskan bahwa orang yang beriman dan berilmu pengetahuan, Akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT. (Kanggo Pangling/ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU