Ini 3 Ide Resolusi 2022 Buat Pelajar, Yuk Buat!

Iya, kita masih muda, masih sehat. Mumpung masih sehat, jagalah kesehatan itu, jangan disia-siakan. Nggak perlu nunggu sampai masuk rumah sakit dulu baru sadar kalau berkegiatan fisik yang aktif, olah raga, atau sekedar berangkat pagi masuk sekolah dengan hati riang adalah sebagian dari kenikmatan hidup yang patut disyukuri dan dijaga, bukan?

Tak harus muluk ikut tim basket sekolah, mulai dari yang sederhana saja. Misalnya, nggak telat-telat makan lagi, kurangi jajan fast food, bawa bekal makanan ke sekolah, atau hal sederhana lain yang bisa mulai dikerjakan.

Kerjakan Sekarang, Jangan Nanti

Buatlah agenda yang bisa digantung di dinding kamar – atau di spot manapun yang pasti nggak akan kelewat padanganmu. Tuliskan to do listmu, baik tugas, PR, janji, mau bikin sesuatu, atau apapun, di situ.

- Iklan -

Melihat visualisasi list itu, kita akan terus diingatkan bahwa ada sesuatu yang harus dikerjakan. Begitu ada waktu luang, kerjakan satu demi satu isi daftar yang sudah dibuat tadi.

Baca Juga:  Tips Hindari Pinjol Ilegal

Supaya list yang dibikin itu berkurang dan semakin pendek, coba kurangi durasi main game atau kegiatan-kegiatan lain yang dirasa kurang penting. Dengan memilih untuk mengerjakan apapun yang lebih penting itu sekarang dan mengabaikan hal lain yang kurang penting, maka kita akan terlatih untuk membuat prioritas, menentukan pilihan, dan membuat keputusan.

Berlatih Berhemat dan Menabung

Masih tinggal sama orang tua? Inilah saatnya berlatih hemat dan menabung karena mungkin nanti saat kuliah kita harus tinggal di kota lain. Bila tak terbiasa mengatur keuangan dan pengeluaran pribadi, bahkan menabung, saat tinggal terpisah dari keluarga nanti budgetingmu bisa minus terus!

- Iklan -

Lebih bagus lagi jika kita bisa nambah uang saku sendiri, misalnya dengan bikin online shop, endorsement, blogging, vlogging, atau mengerjakan part time jobs yang lain. Tapi kalaupun belum, yang penting kita bisa memilah pengeluaran: mana yang memang dibutuhkan dan mana yang sekedar keingininan.

Baca Juga:  Begini Cara Berikan Edukasi Seks Pada Anak dengan Autisme

Menjadi Pribadi yang Berprestasi

Punya goal jadi juara umum boleh-boleh saja. Tapi kalau prestasi akademik selama ini tergolong biasa-biasa saja, bukan berarti kita nggak bisa berprestasi. Berlatih untuk lebih percaya diri, belajar skill baru, join ekskul (atau UKM) baru, atau belajar bahasa asing baru juga termasuk cara berprestasi, lho!

Tentunya, sebagai pelajar, usahakan tahun depan ini kita nggak kena remedial (lagi?), dapet nilai-nilai (atau IP) bagus, atau bahkan mungkin bisa lolos beasiswa. Dan kalau Sobat sekarang sedang duduk dikelas XII SMA, pastinya salah satu goal tahun 2021 adalah lolos seleksi dan jadi mahasiswa di perguruan tinggi impian, bukan?

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU